Jumat 20 Nov 2020 20:34 WIB

Taiwan Mulai Bangun Kapal Selam, untuk Hadapi China?

Kapal selam pertama Taiwan tersebut ditarget mulai beroperasi pada akhir 2024

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nur Aini
Bendera Taiwan
Foto: cnreviews.com
Bendera Taiwan

REPUBLIKA.CO.ID, TAIPEI -- Taiwan akan mulai bekerja untuk membangun kapal selam pertama dari delapan kapal selam baru yang dikembangkan di dalam negeri pada pekan depan. Proyek tersebut telah lama diperdebatkan untuk memperkuat pertahanan pulau itu dalam menghadapi militer China yang semakin modern.

Dengan pengembangan terbaru ini, kapal selam pertama Taiwan tersebut ditarget mulai beroperasi pada akhir 2024. Juru bicara Kantor Kepresidenan, Xavier Chang, mengatakan program itu adalah bagian utama dari modernisasi militer dan rencana kemandirian militer gagasan Presiden Tsai Ing-wen.

Baca Juga

Chang menyatakan Tsai akan menghadiri upacara Selasa (24/11) depan untuk memulai pekerjaan. "Ini merupakan tonggak baru dalam rencana pembuatan kapal selam nasional," katanya.

Taiwan yang dikelola secara demokratis sekarang memiliki empat kapal selam, dengan dua berasal dari Perang Dunia Kedua. Armada lawas itu tidak bisa menandingi milik China yang dapat meluncurkan senjata nuklir.

Taiwan telah mendapat tekanan lebih besar dari pasukan China yang telah meningkatkan aktivitas di dekat pulau itu. Beijing terkadang menerbangkan jet tempur melintasi garis median penyangga tidak resmi Selat Taiwan yang sensitif. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement