Rabu 18 Nov 2020 19:30 WIB

Roberto Baggio Kagumi Gaya Melatih Pep Guardiola

Roberto Baggio sebut Pep Guardiola pelatih terbaik dunia,

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Agung Sasongko
Roberto Baggio
Foto: .lifeinitaly.com
Roberto Baggio

REPUBLIKA.CO.ID,  ROMA -- Legenda timnas Italia, Roberto Baggio, mengaku terkesan dengan gaya kepelatihan yang diusung Pep Guardiola. Bahkan, mantan bintang Juventus dan AC Milan itu menyebut, tertarik bekerjasama dan bermain di dalam tim yang ditangani oleh pelatih asal Spanyol tersebut. 

Baggio pun menyebut, mantan pelatih Barcelona itu merupakan salah satu pelatih terbaik di dunia saat ini. ''Untuk pelatih yang ada saat ini, saya akan sangat senang untuk bermain dalam tim yang dibesut Guardiola. Saya kira, dia adalah pelatih terbaik untuk saat ini,'' tutur Baggio kepada Vanity Fair Italia seperti dilansir Football Italia, Rabu (18/11).

Baca Juga

Guardiola bukanlah sosok yang asing buat playmaker timnas Italia di Piala Dunia 1990, Piala Dunia 1994, hingga Piala Dunia 1998 itu. Baggio dan Guardiola sama-sama berbagi lapangan saat keduanya memperkuat Brescia. tepatnya pada musim 2001/2002 dan pada paruh kedua musim 2002/2003. Namun, setahun sebelum Baggio pensiun pada 2004, Guardiola memilih hengkang ke klub asal Qatar, Al Ahli. 

Buat Baggio, pelatih terbaik adalah pelatih yang mampu memahami kondisi anak-anak asuhnya. Pelatih yang baik, tutur Baggio, adalah pelatih yang bisa membangun hubungan personal yang baik dengan para pemainnya, tidak hanya melulu soal taktik dan strategi permainan. Sepak bola, tutur Baggio, adalah tentang pemain bukan soal rumitnya taktik dan strategi.

''Pelatih terbaik adalah yang mampu mengenali dan tahu bagaimana mendekati pemain secara jujur, tahu bagaimana berbicara dengan mereka, tahu bagaimana membuat pemain merasa dihormati, baru kemudian membahas soal-soal teknis,'' tutur mantan pemain Fiorentina tersebut.

Mantan pemain yang berjuluk Il Divin Codino pun menyebut lebih senang bekerja dengan pelatih yang mampu membangun kedekatan personal, ketimbang dengan pelatih yang begitu gandrung dengan pendekatan teknik permainan. ''Saya selalu ingin bekerja dengan pelatih-pelatih seperti itu. Anda bisa belajar sendiri tentang taktik, tapi hal yang lebih sulit adalah menemukan kualitas dalam diri seseorang,'' kata Baggio.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement