Rabu 11 Nov 2020 22:18 WIB

Trik Penurunan Berat Badan Tanpa Latihan Berat

Kurang tidur sering kali dapat menyebabkan penambahan berat badan.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Penambahan berat badan (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Penambahan berat badan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID NEW DELHI -- Untuk mencapai tubuh yang bugar dan kencang, diet dan olahraga intensif adalah dua solusi utama. Meskipun teknik penurunan berat badan dan pendekatan untuk mendapatkan tubuh yang sehat ini akan membuahkan hasil, tapi teknik tersebut dapat terlihat sangat membatasi dan melelahkan.

Karena itu, berikut ini adalah beberapa tip dan trik penurunan berat badan mudah yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan, tanpa syarat puasa atau latihan berat, seperti dilansir di laman Times of India, Rabu (11/11).

1. Gunakan piring saji kecil

Saat berbicara tentang makanan, memeriksa ukuran porsi Anda sangat penting. Oleh karena itu, meskipun Anda mungkin tidak sedang diet, beralih ke piring saji kecil dapat menghasilkan keajaiban. Selain mengurangi asupan makanan, juga akan membuat Anda merasa kenyang.

2. Minum banyak air

Minum banyak air sebelum makan bisa menghindari makan berlebihan. Saat itu, Anda dapat mencoba cara penurunan berat badan yang mudah ini. Yang perlu Anda lakukan hanya minum banyak air sebelum makan. Ini tidak hanya akan mengurangi keinginan Anda, tapi juga membuat Anda merasa kenyang dan kenyang, itulah sebabnya Anda akan makan lebih sedikit.

3. Jangan makan berlebihan

Pesta makan malam mungkin tampak menyenangkan. Begitu Anda mulai menyantap makanan, Anda akan menyadari berapa banyak kalori yang telah Anda konsumsi selain dari makanan biasa Anda. Oleh karena itu, kurangi pesta makan dan Anda akan melihat perubahan positif dalam waktu singkat.

4. Katakan tidak pada stres

Stres dan kecemasan dapat menjadi pemicu aktif untuk makan berlebihan dan tidak teratur, yang dapat menyebabkan penambahan berat badan. Ini melepaskan hormon yang disebut kortisol yang memiliki kecenderungan untuk meningkatkan nafsu makan Anda dan dapat membuat Anda makan berlebihan, terutama makanan yang tinggi kalori.

Oleh karena itu, jika Anda merasa berat badan naik banyak akhir-akhir ini, perhatikan tingkat stres Anda. Lakukan aktivitas positif yang akan meringankan suasana hati Anda.

5. Tidur yang cukup

Kurang tidur sering kali dapat menyebabkan penambahan berat badan. Terbukti, jika menyangkut obesitas dan kenaikan berat badan yang tidak dapat dijelaskan lainnya, ini berkaitan erat dengan ketidakseimbangan hormon yang dapat dipicu oleh kurang tidur. Oleh karena itu, berikan diri Anda istirahat dan tidur yang cukup.

6. Jauhkan junk food dan konsumsi camilan sehat

Ada banyak alternatif untuk pesta makan atau ngemil. Jika Anda adalah seseorang yang suka makan sesuatu secara berkala, Anda dapat menggunakan camilan sehat seperti buncis, kacang tawar, buah-buahan beku, dan lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement