Monday, 24 Rabiul Akhir 1443 / 29 November 2021

Monday, 24 Rabiul Akhir 1443 / 29 November 2021

Sudah Miskin Tapi Bersikap Sombong, Simak Nasihat Ulama

Rabu 04 Nov 2020 21:51 WIB

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Nashih Nashrullah

Sudah Miskin tapi Bersikap Sombong, Simak Nasihat Ulama  Kemiskinan (ilustrasi).

Sudah Miskin tapi Bersikap Sombong, Simak Nasihat Ulama Kemiskinan (ilustrasi).

Foto: www.freepik.com
Allah SWT membenci hamba-hambanya yang bersikap sombong.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Adanya media sosial saat ini memunculkan karakter dan tingkah orang yang berbeda-beda.

Paling sering dan sedang banyak disorot saat ini adalah tentang orang-orang yang menyombongkan diri dengan hartanya. Tidak hanya kesombongan orang kaya, kondisi ini diperparah dengan sombongnya orang yang sebenarnya miskin.

Baca Juga

Imam Nawawi dalam kitabnya Nashaih al-‘Ibad menyebut, kesombongan adalah sifat yang buruk bagi siapa pun dan apa pun kondisinya. Namun, bagi orang miskin yang sombong, hal ini adalah keburukan yang lebih parah.  

Imam Nawawi menyebut perkataan orang bijak, "Empat perkara berikut ini adalah jelek, tapi justru masih ada empat perkara lain yang lebih jelek lagi, yaitu dosa yang dilakukan pemuda itu jelek, namun lebih jelek lagi adalah perbuatan dosa yang dilakukan oleh orang tua. 

Kesibukan segala macam urusan duniawi bagi orang bodoh itu jelek, namun yang lebih jelek lagi jika yang menyibukkan diri dengan urusan duniawi adalah orang ‘alim. 

Malas beribadah bagi orang awam adalah jelek, namun yang lebih jelek lagi bila malas beribadah itu dilakukan oleh kalangan ulama dan penuntut ilmu. Takabur bagi orang kaya adalah jelek, tapi lebih jelek lagi jika yang berlaku sombongnya adalah orang fakir."

Sebenarnya Islam melarang sikap sombong seperti yang disebutkan Allah SWT dalam Alquran: وَلَا تُصَعِّرْ خَدَّكَ لِلنَّاسِ وَلَا تَمْشِ فِى ٱلْأَرْضِ مَرَحًا ۖ إِنَّ ٱللَّهَ لَا يُحِبُّ كُلَّ مُخْتَالٍ فَخُورٍ 

"Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri." (QS Lukman: 18). 

Sifat sombong juga menjadi salah satu ya g dibenci Allah SWT, seperti dalam firman-Nya: إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُسْتَكْبِرِينَ “Sesungguhnya Dia tidak menyukai orang-orang yang menyombongkan diri.” (QS. An Nahl: 23)

Adapun Nabi Muhammad SAW menyebut kesombongan merupakan sifat yang dapat mengantarkan seseorang ke dalam neraka.  

Haritsah bin Wahb Al Khuzai’i berkata bahwa ia mendengar Rasulullah bersabda: 

أَلَا أُخْبِرُكُمْ بِأَهْلِ النَّارِ قَالُوا بَلَى قَالَ كُلُّ عُتُلٍّ جَوَّاظٍ مُسْتَكْبِرٍ “Maukah kamu aku beritahu tentang penduduk neraka? Mereka semua adalah orang-orang keras lagi kasar, tamak lagi rakus, dan takabur (sombong).“ (HR Bukhari dan Muslim).   

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA