Saturday, 13 Rabiul Akhir 1442 / 28 November 2020

Saturday, 13 Rabiul Akhir 1442 / 28 November 2020

Tak Boleh Ngemil Saat Diet, Kata Siapa?

Kamis 29 Oct 2020 22:48 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Nora Azizah

Bila dilakukan dengan benar, 'ngemil' bahkan bisa bantu turunkan berat badan (Foto: ilustrasi)

Bila dilakukan dengan benar, 'ngemil' bahkan bisa bantu turunkan berat badan (Foto: ilustrasi)

Foto: Flickr
Bila dilakukan dengan benar, 'ngemil' bahkan bisa bantu turunkan berat badan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat sedang diet demi menurunkan berat badan biasanya ngemil menjadi rutinitas yang ditiadakan. Bahkan, seseorang yang sedang diet rela menghilangkan jenis makanan tertentu, termasuk camilan.

Camilan dianggap sebagai reputasi buruk. Padahal, bila dilakukan dengan benar, ngemil bahkan bisa membantu menurunkan berat badan. Namun, dengan syarat, mengonsumsi camilan yang lebih kaya nutrisi dan lebih sehat.

Kunci utama ngemil sehat sambil menurunkan berat badan adalah menyeimbangkan makanan saat sarapan, makan siang, dan makan malam. Bila sudah fokus memikirkan ketiga faktor tersebut, maka bisa membantu menghindari kesalahan umum dari ngemil. 

Melansir laman Livestrong, Kamis (29/10), tidak ada rekomendasi satu ukuran atau porsi dari camilan sehat. Hanya saja kita perlu memastikan bahwa camilan tersebut kaya nutrisi dan sehat. Misalnya, buah-buahan atau biji-bijian yang kaya protein dan serat.

Kemudian, menentukan waktu mengonsumsi camilan juga diperluka. Misalnya, kita tahu bahwa ada jeda panjang antara makan siang dan malam. Ini bisa menjadi pertimbangan waktu untuk menyantap camilan sehat.

Secara umum pola makan haruslah seimbang ketika sedang menjalani diet. Itu sebabnya, kita harus secara konsisten mengonsumsi buah, sayuran, serat, dan nutrisi penting lain sebagai makanan camilan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA