Monday, 15 Rabiul Akhir 1442 / 30 November 2020

Monday, 15 Rabiul Akhir 1442 / 30 November 2020

Ini Jam TIdur Terbaik di Malam Hari

Kamis 29 Oct 2020 02:13 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Gita Amanda

Tidur (ilustrasi). Jam 22.00-23.-00 merupakan waktu terbaik untuk tidur.

Tidur (ilustrasi). Jam 22.00-23.-00 merupakan waktu terbaik untuk tidur.

Foto: www.freepik.com
Jam tidur terbaik adalah 22.00-23.00 di malam hari

REPUBLIKA.CO.ID, Sebagian orang mungkin memiliki kebiasaan tidur malam di jam yang lebih cepat. Sebagian lain mungkin lebih suka tidur malam lebih larut. Di jam berapa sebenarnya tidur malam paling baik dilakukan?

Menurut Sleep Council, jam tidur terbaik adalah 22.00-23.00 di malam hari. Kurun waktu ini menjadi momen yang ideal karena saat itu suhu tubuh dan kadar hormon stres bernama kortisol mulai menurun.

Semakin larut, otak akan mulai memproduksi melatonin. Melatonin merupakan homron yang membuat seseorang merasa mengantuk.

Pemilihan jam 22.00-23.00 sebagai waktu terbaik untuk tidur juga didukung oleh studi pada 2018. Studi yang dilakukan oelh Forza Supplements ini menunjukkan bahwa jam 22.10 merupakan waktu paling optimal utuk tidur.

Dari studi ini diketahui bahwa banyak orang dengan kualitas tidur yang baik terbiasa tidur malam di kisaran jam tersebut. Orang-orang yang terbiasa tidur di kisaran jam 22.10 tercatat memiliki kebiasaan makan yang lebih sehat, memiliki rutinitas olahraga dan pola makan sehat yang konsisten, serta berat badan yang sehat.

Pemilihan waktu ini juga memberikan waktu 20 menit bagi tubuh untuk masuk ke tingkat tidur yang dalam dan 90 menit untuk masuk ek dalam tingkat tidur non-REM sebelum tengah malam.

Akan tetapi, sebagian orang mungkin tidak cocok dengan pemilihan jam tidur 22.00-23.00 malam. Oleh karena itu, Sleep Council menekankan bahwa yang terpenting adalah menerapkan jam tidur yang paling sesuai dengan diri sendiri dan konsisten terhadap jam tersebut.

"Bila Anda cenderung tidak mengantuk sebelum tengah malam, jangan paksakan diri untuk tidur jam 22.00 malam dengan harapan Anda akan merasa lebih segar setelah bangun," pungkas Sleep Council, seperti dilansir Women's Health.

Hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah siklus tidur. Ketika seseorang tertidur, dia akan memasuki beberapa siklus tidur di mana tiap siklus memiliki empat sub tahapan. Tidur rapid eye movement (REM) merupakan tahap terakhir.

Dibutuhkan sekitar 90 menit rata-rata untuk bisa melalui tiap siklus tidur. Seseorang cendeurng akan merasa lebih segar setelah bangun bila melalui siklus-siklus ini dibandingkan hanya berada pada satu siklus saja.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

 

BERITA LAINNYA