Thursday, 18 Rabiul Akhir 1442 / 03 December 2020

Thursday, 18 Rabiul Akhir 1442 / 03 December 2020

Camilan Sehat Sebelum Tidur

Kamis 22 Oct 2020 23:56 WIB

Rep: Puti Almas/ Red: Nora Azizah

Camilan sebelum tidur bisa menyehatkan dan membantu tidur nyenyak (Foto: ilustrasi tidur)

Camilan sebelum tidur bisa menyehatkan dan membantu tidur nyenyak (Foto: ilustrasi tidur)

Foto: Piqsels
Camilan sebelum tidur bisa menyehatkan dan membantu tidur nyenyak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama ini banyak orang yang menganggap bahwa makan sebelum waktu tidur di malam hari adalah ide yang buruk. Namun, tak jarang banyak yang merasa kelaparan saat dini hari, bahkan tidak bisa beristirahat dengan nyenyak karena perut mereka yang keroncongan.

Dilansir Cnet, Kamis (22/10), makan sebelum tidur tidak selalu merupakan ide yang buruk. Ada beberapa jenis kudapan atau camilan yang bisa dikonsumsi dan membuat Anda tetap sehat.

“Kudapan sebelum tidur bisa menyehatkan dan membantu Anda tidur lebih nyenyak,” ujar Tony Castillo, seorang ahli gizi di Nutrition for Performance.

Castillo juga mengatakan secara khusus orang-orang yang berolahraga secara teratur dan aktif dapat memperoleh manfaat dengan mengkonsumsi jenis-jenis kudapan tertentu sebelum tidur. Hal itu karena konsumsi ini dapat menambahkan nutrisi yang dapat membantu memperbaiki dan memulihkan otot saat tidur.

Selain fokus untuk menyeimbangkan nutrisi dengan makanan berkualitas tinggi di malam hari, Anda juga harus mempertimbangkan pengaturan waktu camilan agar tidak mengganggu tidur. Ini bisa berbeda-beda pada setiap orang, tetapi, biasanya Anda ingin menghindari waktu makan yang sangat dekat dengan jadwal berbaring di tempat tidur.

"Ada beberapa individu yang bisa makan sesuatu sebelum tidur dan tidak memiliki masalah. Yang lain mungkin harus memiliki waktu istirahat dua jam sebelum tidur]karena makan dapat menyebabkan refluks asam," jelas Castillo.

Mungkin perlu beberapa percobaan dan kesalahan, tetapi memberi diri Anda ruang untuk mencerna makanan  sebelum tidur dapat membantu mencegah masalah tersebut. Castillo merekomendasikan protein yang lambat dicerna dan karbohidrat berserat tinggi,

“Anda membutuhkan karbohidrat berserat tinggi karena karbohidrat yang cepat dicerna dapat menyebabkan lonjakan gula darah dan membuat Anda tetap terjaga,” kata Castillo.

Karbohidrat serat tinggi dan lambat dicerna adalah yang cenderung lebih mudah untuk gula darah. Contoh karbohidrat yang lambat dicerna adalah biji-bijian, oat, nasi merah, buah-buahan dan sayuran.

photo
Tidur (ilustrasi). - (www.freepik.com)
Protein yang lambat dicerna termasuk kasein, yang ditemukan dalam produk susu, seperti yogurt dan keju, dan tersedia sebagai bubuk protein. Selai kacang juga bermanfaat dikonsumsi sebelum tidur karena mengandung triptofan yang membantu otak dan otot menjadi rileks.

Berikut beberapa contoh camilan sebelum tidur yang sehat:
1. Selai kacang dan roti gandum
2. Yoghurt Yunani dan muah beri
3. Mentega almond dan buah
4. Keju dan buah

Selain itu, ada beberapa jenis makanan tertentu yang  juga dapat meningkatkan kualitas tidur. Makanan tertentu secara alami mengandung nutrisi yang membantu tidur seperti melatonin, hormon yang membuat Anda mengantuk, superit berikut :

1. Almond: Almond mengandung melatonin dan magnesium, yang keduanya dapat membantu Anda rileks dan meningkatkan kualitas tidur.
2. Susu: Susu adalah protein yang lambat dicerna yang juga mengandung triptofan dan melatonin, yang dapat membantu Anda tidur nyenyak.
3. Jus ceri tart. Castillo mengatakan jus ceri tart telah terbukti membantu melawan peradangan dan dapat membantu produksi melatonin alami tubuh, hormon yang membantu tidur,"
4. Buah Kiwi: Kiwi mengandung melatonin dan magnesium, di antara banyak nutrisi bermanfaat lainnya, yang dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak.

Perlu diingat ada sejumlah makanan yang perlu dihindari di malam hari karena dapat menganggu tidur Anda. Diantaranya adalah junk food yang mengandung banyak gula dan karbohidrat olahan.

Kemudian makanan pedal sebaiknya dihindari karena dapat menyebabkan refluks asam. Pemicu sakit maag yang umum lainnya adalah coklat, karena tinggi lemak dan mengandung bahan lain yang dapat mengganggu pencernaan di malam hari.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA