Friday, 19 Rabiul Akhir 1442 / 04 December 2020

Friday, 19 Rabiul Akhir 1442 / 04 December 2020

Unjuk Rasa Mahasiswa, Sistem Satu Arah Kota Bogor Ditutup

Selasa 20 Oct 2020 15:21 WIB

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Andi Nur Aminah

Massa aksi unjuk rasa di Jalan Jenderal Sudirman, Kota Bogor hampir membongkar paksa kawat berduri di tengah aksi unjuk rasa Satu Tahun Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf, Selasa (20/10).

Massa aksi unjuk rasa di Jalan Jenderal Sudirman, Kota Bogor hampir membongkar paksa kawat berduri di tengah aksi unjuk rasa Satu Tahun Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf, Selasa (20/10).

Foto: Shabrina Zakaria/Republika
Aksi ini juga digelar bertepatan dengan satu tahun pemerintahan Jokowi-Ma'ruf.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Aparat gabungan TNI-Polri menutup jalan menuju Istana Kepresidenan Bogor, tepatnya di sistem satu arah (SSA). Penutupan jalan dilakukan jelang aksi unjuk rasa mahasiswa dan buruh dalam rangka penolakan Undang-undang Omnibus Law. Aksi ini juga digelar bertepatan dengan satu tahun pemerintahan Jokowi-Ma'ruf.

Berdasarkan pantauan Republika.co.id, barikade kawat berduri mulai dibentangkan di empat titik di SSA sejak pagi hari. Yakni di Jalan Otista, sepanjang Jalan Ir Djuanda, Jalan Jalak Harupat, hingga ke Jalan Jenderal Sudirman.

Puluhan aparat kepolisian juga telah disiagakan di sepanjang jalur SSA. Tak hanya itu, tiga meriam air (water cannon) juga disiagakan di Jalan Jenderal Sudirman dan di dekat Kantor Pos Indonesia.

Baca Juga

Sekitar pukul 11.30 WIB, puluhan massa aksi dari Mahasiswa Pancasila (Mapancas) memulai aksi unjuk rasanya di depan Denpom, tepatnya di Jalan Jenderal Sudirman. Selain mahasiswa, tampak sejumlah pelajar juga turut dalam aksi unjuk rasa dengan menggunakan celana abu.

Di tengah aksi unjuk rasa, sekira pukul 12.50 WIB sejumlah mahasiswa dari Perhimpunan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kota Bogor tiba di Jalan Jenderal Sudirman. Mereka datang dengan membawa bendera PMII, serta replika keranda berwarna hijau bertuliskan ‘RIP Rezim Jokowi’.

“Banyak nawacita-nawacita tidak terlaksana di masa pemerintahan Jokowi-Ma’ruf. Bahkan Kartu Pintar juga tidak terealisaikan,” ujar salah satu aksi massa dari PMII.

Sementara itu, di Jalan Juanda tepatnya di depan Pintu 2 Kebun Raya Bogor, sejumlah mahasiswa dari Universitas Pakuan (Unpak) Bogor tertahan barikade kawat berduri. Sebelumnya, mereka sempat melakukan long march dari kampus Unpak, Jalan Otista, hingga berakhir di Jalan Juanda. Sekira pukul 13.30 WIB, mereka membacakan sholawat dan sholat zuhur berjamaah di jalan raya.

Hingga pukul 14.30 WIB, aksi unjuk rasa di Jalan Jenderal Sudirman masih berjalan. Massa aksi sempat membakar ban dan hampir membongkar paksa barikade kawat berduri.

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA