Wednesday, 17 Rabiul Akhir 1442 / 02 December 2020

Wednesday, 17 Rabiul Akhir 1442 / 02 December 2020

Ketua KPU Arief Budiman Masih Perlu Istirahat

Selasa 20 Oct 2020 12:24 WIB

Rep: Mimi Kartika / Red: Ratna Puspita

Ketua KPU RI Arief Budiman (kanan) bersama Komisioner KPU Ilham Saputra (tengah), Evi Novida Ginting Manik (kiri)

Ketua KPU RI Arief Budiman (kanan) bersama Komisioner KPU Ilham Saputra (tengah), Evi Novida Ginting Manik (kiri)

Foto: ANTARA/Reno Esnir
Ketua KPU RI Arief Budiman yang terpapar Covid-19 dalam kondisi baik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelaksana harian Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Ilham Saputra tidak memastikan Ketua KPU RI Arief Budiman sudah dinyatakan negatif Covid-19 atau belum. Ia mengatakan, Arief dalam kondisi baik, tetapi masih perlu istirahat.

"Baik, alhamdulillah. Masih perlu istirahat," ujar Ilham dalam pesan singkatnya kepada Republika, Selasa (20/10).

Ia menuturkan, saat ini Arief beristirahat di rumah dinas KPU. Tugas dan tanggung jawab Arief sebagai Ketua KPU RI, untuk sementara dilimpahkan kepada Ilham.

Baca Juga

Sesekali, Arief juga ikut berkoordinasi antarpara anggota KPU RI melalui aplikasi pesan singkat. Sementara, para anggota KPU RI disibukkan dengan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada), termasuk simulasi pemungutan suara dan rekapitulasi elektronik di beberapa daerah.

Seperti diketahui, Arief menyatakan dirinya terkonfirmasi positif Covid-19 pada 17 September 2020, sehari sebelum jadwal menghadiri rapat di Istana Bogor. Ia kemudian menjalani isolasi mandiri di rumah karena tidak merasakan gejala batuk, demam, pilek, atau sesak nafas.

Namun selang beberapa hari, Ilham mengabarkan, Arief melanjutkan perawatan ke RSPAD Gatot Subroto pada 22 September dalam rangka percepatan pemulihan kesehatan. Kondisi Arief pada saat itu disebut dalam keadaan baik, tetapi memilih menjalani perawatan di rumah sakit untuk menghindari penularan virus corona kepada anak dan istri.

"Saudara Arief Budiman sebagai Ketua KPU definitif sejak tadi pagi memutuskan untuk melanjutkan perawatan ke RSPAD dalam rangka percepatan pemulihan kesehatan," ujar Komisioner KPU RI Ilham Saputra dalam keterangan tertulisnya, Selasa (22/9). 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA