Sunday, 8 Rabiul Awwal 1442 / 25 October 2020

Sunday, 8 Rabiul Awwal 1442 / 25 October 2020

Ini 9 Prospek Karir Lulusan Prodi Sistem Informasi

Ahad 18 Oct 2020 15:17 WIB

Red: Irwan Kelana

Salah satu kampus UBSI.

Salah satu kampus UBSI.

Foto: Dok UBSI
Lulusan Prodi Sistem Informasi UBSI dicari perusahaan swasta dan BUMN.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA –Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) segera membuka Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) tahun kuliah 2021/2022.  Untuk kamu yang saat ini duduk di bangku kelas XII SLTA/sederajat, kalau kamu memilih UBSI, pilihanmu tepat sekali.

Mengapa demikian? Ada sejumlah alas an. UBSI mempunyai 3 (tiga) Fakultas yaitu: FTI (Fakultas Teknik & Informatika), FEB (Fakultas Ekonomi & Bisnis) dan FKB (Fakultas Komunikasi & Bahasa) serta  ada 22 Program Studi (Prodi) pilihan.  Kampus UBSI berjumlah 35  dan tersebar di 20  kota yang tersebar di Jawa dan Kalimantan. 

Salah satu Prodi tersebut adalah  Prodi  Sistem Informasi. “Prodi Sistem Informasi, program sarjana (S1) merupakan Prodi yang mempelajari tentang bagaimana mendesain sistem yang tepat berdasarkan tujuan organisasi atau perusahaan sesuai dengan kebutuhan dan proses bisnis,” kata Kaprodi Sistem Informasi UBSI, Sriyadi MKom, Sabtu (17/10).

Ia menambahkan, Prodi Sistem Informasi merupakan salah satu Prodi favorit yang dicari oleh para calon mahasiswa saat mereka mendaftar di UBSI. “Hal itu karena lulusan Sistem Informasi Kampus UBSI dicari oleh berbagai perusahaan swasta maupun BUMN,” ujarnya dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Sriyadi menyebutkan, paling tidak ada sembilan prospek karir lulusan Sistem Informasi UBSI. Yaitu, Database Administrator, System Analist, Web Developer, IT Consultant, dan Mobile Programmer. “Selain itu, IT Manager, Startup, Game Developer, dan Software Developer,” paparnya.

Ia mengungkapkan, ada lima mata kuliah favorit di Prodi Sistem Informasi UBSI.  Yaitu, Web Programming, Pemodelan Sistem Berorientasi Objek, Teknologi Web Service, Aplikasi Basis data, dan E-Business. “Prodi Sistem Informasi UBSI menjalin kerja sama aktif dengan berbagai lembaga. Hal ini tidak hanya menambah ilmu teori dan praktik buat mahasiswa, akan tetapi juga sekaligus membuka wawasan dan jaringan terkait prospek ke depan setelah mereka lulus dari UBSI,” tuturnya.

Bahkan, kata Sriyadi,  pengalaman selama ini, banyak alumni UBSI, termasuk Prodi Sistem Informasi, yang sudah diterima bekerja sebelum mereka diwisuda. “Tiap kali UBSI menggelar acara wisuda, lebih setengah wisudawan/wisudawati sudah diterima bekerja di berbagai perusahaan,” ungkapnya.

Dengan demikian, Ijazah dan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) berupa sertifikat kompetensi lulusan UBSI sangat membantu para alumni UBSI untuk meraih pekerjaan. “Komitmen kami adalah para alumni UBSI bisa mudah dan cepat diterima bekerja di suatu perusahaan swasta maupun BUMN.  Atau, mereka menjadi entrepneur atau StarUp yang menciptakan lapangan kerja bagi dirinya sendiri maupun orang lain,” ujarnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA