Kamis 10 Mar 2022 15:30 WIB

Sarjana Informatika  Punya Prospek Karir Paling Bergengsi

Informatika merupakan jurusan sepanjang masa.

Prodi Informatika UNM terus mendapat kepercayaan masyarakat.
Foto: Dok UNM
Prodi Informatika UNM terus mendapat kepercayaan masyarakat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Lulusan sarjana tentu memiliki peluang karir yang relatif  lebih baik dan tentu relatif  lebih siap bersaing di dunia industri dan dunia kerja. Teknologi yang kian berkembang cepat, menjadikan peluang yang luar biasa bagi mereka yang menekuni bidang teknik dan informatika. 

Sarjana informatika memiliki prospek karir yang bagus di era saat ini. Pasalnya, mereka memiliki bekal yang mumpuni  untuk menjawab segala tantangan yang ada sekarang. 

Lulusan Informatika memiliki kemampuan menciptakan dan mengembangkan software. Selain itu, mereka juga paham tentang hardware,  dan yang paling penting Sarjana Informatika selalu update terhadap perkembangan teknologi.

Beberapa kelebihan seorang Sarjana Informatika inilah yang menyebabkan mereka memiliki gengsi yang sangat bagus di dunia kerja. Sebab, Informatika merupakan jurusan sepanjang masa yang artinya, selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Lulusan Informatika juga banyak diincar dan dibutuhkan di berbagai jenis perusahaan.

Selain itu, lulusan Informatika juga mampu membuat peluang kerja sendiri. Dan ini menjadi nilai plus buat mereka, selain menjadi incaran banyak perusahaan ternyata mereka juga mampu dan berpeluang menciptakan lapangan kerja sendiri. 

Bagi yang senang berpetualang di dunia kerja dapat mengeksplor dirinya dengan beberapa profesi berikut:

Software engineer

Kecanggihan teknologi menjadi peluang yang sangat menjanjikan bagi Sarjana Informatika. 

Sebab, lulusan Informatika mampu mengaplikasikan berbagai macam prinsip pengelolaan dan mengoptimalisasi software, seperti melakukan analisis teknik informatika dan matematika pada sebuah desain, development, maintenance, bahkan melakukan testing software komputer untuk device lainnya.

Mobile application developer

Menjadi seorang mobile application developer  juga menjadi prospek karir yang cukup menjanjikan bagi Sarjana Informatika. Lulusan Informatika akan dianggap mampu membuat aplikasi, mengujinya, dan memprogramkan aplikasi tersebut pada smartphone untuk berbagai macam sistem operasi, seperti iOS, android, dan windows phone.

Web developer

Peluang berikutnya yakni menjadi seorang web developer dan ini akan menjadi sangat menguntungkan bagi Sarjana Informatika.  Sebab,  mereka memiliki spesialisasi dalam bidang pengembangan aplikasi yang dibangun di HTTP untuk web server.

Game developer

Minat generasi muda pada bidang teknologi, membuka kesempatan untuk mengeksplor diri dan berseluncur lebih dalam di dunia game. Profesi game developer menjadi incaran yang menjanjikan dan cukup bergengsi saat ini. 

Hal ini juga dipengaruhi oleh cepatnya dunia teknologi. Menjadi seorang game developer, lulusan Informatika dapat membuat storyline, membuat karakter, membuat design review, dan masih banyak lagi, hingga game tersebut benar-benar bisa digunakan.

IT executive

Peluang karir bergengsi lainnya yakni sebagai IT executive. Menjadi IT executive, Sarjana Informatika mampu menjadi kendali utama dalam hal pengoperasian sistem di suatu perusahaan.

Itulah beberapa peluang karir yang cukup bergengsi bagi lulusan sarjana Informatika. Peluang karir ini tentunya menjadi incaran banyak perusahaan dan dunia industri. Karena saat ini, perkembangan teknologi dirasa cukup cepat dan pesat. Sehingga,  membutuhkan tenaga-tenaga ahli yang cukup mumpuni di bidang ini.

Arfhan Prasetyo, ketua Program Studi (Kaprodi) Informatika Universitas Nusa Mandiri (UNM) mengatakan, Sarjana Informatika dapat menjadi SDM (sumber daya manusia) yang profesional, berprestasi dan maju, seiring perkembangan teknologi informasi yang kian berkembang pesat.

“Prodi Informatika Universitas Nusa Mandiri (UNM) mampu menghasilkan lulusan yang mampu bersaing di dunia usaha dan industri serta mudah meraih kesempatan karir yang bergengsi,” ujarnya dalam pesan whatsapp yang diterima Republika.co.id, Selasa (8/3).

Ia menyebutkan, Prodi Informatika UNM yang sebelumnya bernama Teknik Informatika, telah merencanakan program kerja baru pada kegiatan-kegiatan ilmiah mahasiswa dan dosen. Halm itu demi menghasilkan inovasi baru yang dapat diimplementasikan di masyarakat, instansi atau komunitas tertentu.

“Prodi Informatika UNM yang telah resmi menerima SK perubahan nama prodi pada Jumat (4/3) lalu, akan senantiasa berupaya menghasilkan lulusan yang berkualitas dan mampu bersaing di dunia usaha dan industri dengan meraih pekerjaan paling bergengsi di perusahaan,” katanya.

Perubahan menjadi Informatika ini, imbuhnya, tidak hanya sekadar nama prodi baru, tetapi memiliki harapan baru ke  depan, agar dapat memberikan warna positif di dunia pendidikan dan bersinergi dalam memajukan pendidikan di Indonesia.  

“Semoga Prodi Informatika UNM terus mendapat kepercayaan masyarakat, sehingga semakin banyak masyarkat yang ingin menuntut ilmu pengetahuan di UNM,” jelasnya.

Untuk informasi pendaftaran di kampus UNM, masyarakat dapat mengunjungi laman https://daftar.nusamandiri.ac.id/masuk.html atau dapat mengunduh di aplikasi playstore MyNusa PMB,” tutupnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement