Sabtu 17 Oct 2020 18:06 WIB

Gunung Kerinci Erupsi, Masayrakat Diminta tidak Panik

Kondisi terkini sudah aman meski masyarakat harus tetap waspada.

Rep: Febrian Fachri / Red: Ratna Puspita
Gunung Kerinci
Foto: Antara/Wahdi Septiawan
Gunung Kerinci

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Gunung tertinggi di Pulau Sumatera, yakni Gunung Kerinci mengalami erupsi pada Sabtu (17/10) sekitar pukul 04.00 WIB dini hari. Satuan Pemantau Gunung Kerinci Danuri mengatakan saat ini kondisi sudah aman dan masyarakat diminta tidak panik. 

"Tadi pagi, sekitar pukul 04.00 WIB, memang telah terjadi erupsi Gunung Kerinci, kondisi terkini aman," kata Danuri, Sabtu (17/10). 

Baca Juga

Danuri menyebut erupsi Gunung Kerinci tadi pagi memuntahkan abu vulkanik hingga 800 meter dari kawah. Meski sementara sudah aman, Danuri menyebut warga di sekitar harus tetap waspada, terutama yang berada atau beraktivitas di Kawasan Rawan Bencana (KRB) I dan II. 

Gunung Kerinci terletak di perbatasan Provinsi Jambi, Sumatera Barat, dan Bengkulu. Gunung ini memiliki ketinggian 3.805 mdpl. 

Tingkat aktivitas Gunung Kerinci sekarang berada di level II atau waspada. Dengan kondisi ini, direkomendasikan kepada wisatawan dan warga sekitar untuk tidak melakukan pendakian ke kawah yang ada di puncak gunung. 

Kemudian jalur penerbangan di sekitar Gunung Kerinci juga direkomendasikan untuk dihindari karena sewaktu-waktu bisa terjadi letusan abu dengan ketinggian yang dapat mengganggu jalur penerbangan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement