Friday, 13 Rabiul Awwal 1442 / 30 October 2020

Friday, 13 Rabiul Awwal 1442 / 30 October 2020

Bisa Dimakan, Biji Pepaya Juga Sarat Manfaat

Senin 21 Sep 2020 18:31 WIB

Red: Hasanul Rizqa

Buah pepaya.

Buah pepaya.

Foto: Flickr
Ekstrak biji pepaya disebut efektif dalam mencegah tukak lambung.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pepaya merupakan buah yang marak dijumpai di Tanah Air. Sifat-sifat buah ini umumnya adalah manis, dengan daging buah berwarna merah yang padat dan berair. Buah yang berbentuk lonjong itu disebut-sebut berkhasiat melancarkan sistem pencernaan tubuh.

Tahukah Anda bila biji pepaya pun sarat manfaat?

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Medicinal Food menemukan, biji pepaya enzim proteolitik. Jadi, tak beda daripada daging buah tersebut sehingga sama-sama menyehatkan pencernaan tubuh.

Baca Juga

Bahkan, kandungan antioksidan dalam biji pepaya telah terbukti memiliki sifat antikanker. Sebuah penelitian menunjukkan efektivitas ekstrak biji pepaya dalam mencegah pertumbuhan kanker dan mengurangi peradangan. Studi lain menemukan, biji pepaya hitam dapat membantu mengurangi perkembangan sel kanker prostat.

Biji berwarna hitam kecil-kecil itu diketahui berkhasiat mencegah radikal bebas. Zat yang terkandung di dalamnya membantu hati dalam menghasilkan sel-sel baru. Khasiatnya juga mampu untuk menghilangkan jaringan mati tanpa mengubah aktivitas sel-sel sehat. Ini berkat kehadiran myrosinase, enzim yang mengaktifkan isoenzim sitokrom P 450 di hati.

Ekstrak biji pepaya sangat efektif dalam membunuh E. coli, Salmonella, Staphylococcus, dan infeksi bakteri lainnya dalam sistem pencernaan. Studi yang sama menyebutkan, efektivitas ekstrak biji pepaya dalam mencegah tukak lambung.

Biji pepaya juga dapat mencegah kerusakan ginjal yang disebabkan oleh nefrotoksisitas, yakni masalah yang umumnya terjadi tatkala ginjal terpapar obat atau racun yang membahayakan. Menurut sebuah penelitian, biji pepaya mengandung phytochemical nephroprotective yang berguna mencegah kerusakan ginjal yang dipicu konsumsi obat-obatan seperti parasetamol.

Tak ketinggalan, biji pepaya pun mengandung banyak serat. Serat bergerak melalui usus di saluran pencernaan, menambah jumlah padatan pada feses, sehingga melancarkan buang air besar. Peningkatan asupan serat membantu dalam meningkatkan frekuensi tinja pada orang yang menderita sembelit.

Adapun cara mengonsumsinya, ambil biji pepaya dan cucilah dengan benar. Keringkan biji-biji pepaya dengan handuk kertas atau di bawah sinar matahari.

Setelah biji kering, giling dan simpan dalam wadah kedap udara di tempat yang gelap. Anda bisa menggunakan biji dalam bentuk bubuk ini sebagai pengganti lada hitam atau menambahkannya ke dalam saus salad. Disarankan, Anda mengonsumsi satu sendok teh biji pepaya dalam sehari.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA