Thursday, 11 Rabiul Akhir 1442 / 26 November 2020

Thursday, 11 Rabiul Akhir 1442 / 26 November 2020

Bisa Dimakan, Biji Semangka Juga Sarat Manfaat

Senin 07 Sep 2020 20:48 WIB

Red: Hasanul Rizqa

Semangka

Semangka

Foto: flickr
Biji semangka mengandung magnesium yang bermanfaat untuk atur tekanan darah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Semangka merupakan salah satu buah kegemaran Nabi Muhammad SAW. Rasulullah SAW diketahui pernah memakan semangka yang dicampur dengan kurma matang yang masih basah (kurma ruthab). Beliau bersabda, "Panas dari buah ini (kurma) dinetralkan oleh unsur dingin dari buah ini (semangka)" (HR Abu Dawud dan Tirmidzi).

Ya, semangka memang menjadi pilihan sajian khususnya di musim panas. Sebab, ada sensasi segar saat mengunyahnya. Rasanya yang manis dan penuh air membuat semangka sangat cocok dikonsumsi untuk mengusir hawa gerah.

Jika Anda mengonsumsi semangka, kalau bisa, bijinya jangan disisihkan atau dibuang. Sebab, biji semangka ternyata memiliki banyak kandungan yang sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh.

Baca Juga

Berikut adalah lima zat nutrisi dan khasiatnya yang terdapat dalam biji semangka, seperti dilansir dari livestrong.com.

Kaya akan protein

Biji semangka mengandung protein yang tinggi. Salah satu jenis protein yang terkandung pada biji semangka adalah arginine. Zat ini mampu mengontrol peredaran darah dan juga mencegah dari penyakit jantung kororner.

Vitamin B
Jenis vitamin ini membantu dalam mengubah makanan menjadi energi. Selain itu, kandungan niacin (jenis vitamin B) dalam biji semangka mampu menjaga sistem saraf, sistem pencernaan, dan juga kesehatan kulit.

Magnesium

Berdasarkan riset National Institutes of Health, magnesium membantu mengatur tekanan darah dan juga metabolisme karbohidrat. Selain itu, zat ini juga membantu mengatur gula darah. Tidak hanya magnesium, biji semangka juga mengandung fosfor, natrium, dan kalium.

Lemak baik

Yang paling mengejutkan adalah biji semangka ternyata mengandung lemak. Ada tiga macam jenis lemak yang terkandung pada biji semangka. Yaitu lemak tak jenuh tunggal, lemak tak jenuh ganda, dan omega 6. Jenis lemak tersebut membantu menurunkan tekanan darah.

Tinggi kalori

Segenggam biji semangka kering mengandung lebih dari 600 kalori. Jumlah kalori tersebut hampir dengan tiga kali lipat dibandingkan dengan satu cangkir nasi merah.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA