Friday, 6 Rabiul Awwal 1442 / 23 October 2020

Friday, 6 Rabiul Awwal 1442 / 23 October 2020

Kasad Minta RSPAD Terus Gelar Donor Plasma Konvalesen

Ahad 20 Sep 2020 14:50 WIB

Red: Ratna Puspita

Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal Andika Perkasa

Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal Andika Perkasa

Foto: ADITYA PRADANA PUTRA/ANTARA FOTO
Donor plasma konvalesen demi membantu penanganan pasien pandemi Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal Andika Perkasa memberikan arahan agar Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto terus melakukan kegiatan donor plasma konvalesen. Donor plasma konvalesen menjadi upaya memenuhi stok kantong plasma demi membantu penanganan pasien pandemi Covid-19 di Indonesia.

"Agar terus dilakukan demi membantu penanganan pandemi Covid-19 yang sedang dihadapi Indonesia," kata Kasad Jenderal Andika Perkasa dalam rilisnya yang diterima di Jakarta, Ahad (20/9).

Sebelumnya, Kasad Jenderal Andika Perkasa juga telah menyampaikan pendonoran plasma tersebut dilakukan melalui beberapa gelombang. Dengan mengikuti berbagai prosedur, para perwira yang sudah dinyatakan negatif dua kali hingga dapat mendonorkan darahnya untuk memenuhi ketersediaan plasma konvalesen.

Baca Juga

Unit Mutu Transfusi Darah RSPAD dokter Jenie Erawati Muchti menjelaskan kegiatan donor plasma lanjutan ini sudah memasuki gelombang 11 dan 12, kali ini diikuti 30 perwira Secapa Angkatan Darat. ”Untuk saat ini jumlah Perwira Secapa AD yang sudah mendonorkan sebanyak 241, untuk hari ini ditambah 30, Iebih kurang jadi 271 kantong," kata Jenie.

Unit Mutu Transfusi Darah Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto, menurut dia, sudah mendapatkan lebih dari 700 kantong plasma konvalesen Kemudian, kata Jenie, jumlah plasma yang sudah digunakan, yakni sebanyak 568 kantong untuk 40 rumah sakit.

"Sebanyak 19 rumah sakit di Jakarta dan 21 rumah sakit di luar Jakarta. Dan untuk hari ini stoknya ada 508," ujar Jenie.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA