Jumat 18 Sep 2020 14:42 WIB

Korsel Minta Distribusi Vaksin Covid-19 yang Adil

Menkes Korsel minta pembagian vaksin Covid-19 dilakukan secara adil

Rep: Lintar Satria/ Red: Christiyaningsih
Pembuatan vaksin. (Ilustrasi)
Foto: AP Photo/John Minchillo
Pembuatan vaksin. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Menteri Kesehatan Korea Selatan (Korsel) Park Neunghoo menyerukan pada negara-negara di dunia untuk segera mengembangkan vaksin Covid-19 dan mendistribusikannya dengan adil. Saat ini pemerintah di seluruh dunia masih mencoba menahan penyebaran virus.

"Krisis pandemi virus corona masih berlangsung dan untuk memastikan keamanan seluruh orang, vaksin harus segera diproduksi segera mungkin dan harus didistribusikan dengan adil," kata Park seperti dilansir dari kantor berita Korsel, Yonhap, Jumat (18/9).

Baca Juga

Hal ini Park sampaikan dalam pidatonya via video di Konferensi Tingkat Tinggi Menteri Keuangan dan Kesehatan negara-negara  Group of 20. Park mengatakan Korsel sepenuhnya mendukung sistem Access to Covid-19 Tools Accelerator (ACT-A) yang dibangun Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Uni Eropa.

Park menambahkan Korsel juga mendukung COVAX yang menjadi fasilitas terdepan masyarakat internasional untuk menemukan vaksin virus corona dan mendistribusikannya. Pada awal bulan ini Korsel mengatakan akan terlibat dalam ACT-A sebagai anggota dewan dan berkontribusi di COVAX.

COVAX adalah inisiatif global yang dirancang untuk bekerja sama dengan pabrik-pabrik vaksin. Lembaga itu mencari vaksin yang aman, dapat diakses, dan disebarkan ke seluruh dunia.

Park mengatakan Korsel terlibat dengan sebuah proyek kerja sama internasional K-Health. Proyek itu membantu negara-negara Asia Tenggara dalam merespons penyakit menular lebih baik lagi dan memperkuat layanan medis mereka agar bisa mencakup lebih banyak orang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement