Thursday, 7 Safar 1442 / 24 September 2020

Thursday, 7 Safar 1442 / 24 September 2020

Apa Saja yang Dibawa Nabi Muhammad Saat Perang?

Kamis 17 Sep 2020 06:54 WIB

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil

Apa Saja yang Dibawa Nabi Muhammad Saat Perang?. Foto: Kaligrafi Nama Nabi Muhammad (ilustrasi)

Apa Saja yang Dibawa Nabi Muhammad Saat Perang?. Foto: Kaligrafi Nama Nabi Muhammad (ilustrasi)

Foto: smileyandwest.ning.com
Nabi Muhammad membawa sejumlah peralatan saat perang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Nabi Muhammad SAW membawa sejumlah peralatan perang ketika umat Muslim melakukan perang. Lantas, apa saja yang dibawa Nabi ke dalam medan perang?

Baca Juga

Dalam buku Harta Nabi karya Abdul Fattah As-Samman dijelaskan, peralatan perang yang digunakan Rasulullah jumlahnya banyak sekali. Antara lain tongkat komando Nabi yang mana tongkat ini termasuk harta pusaka Nabi yang menjadi shadaqah.

Tongkat bersama tiga beliau termasuk yang menjadi simbol kebesaran Khulafaurrasyidin yang diberi nama Al-Mamsyuq. Kemudian, cincin Nabi yang berfungsi sebagai stempel.

Bejana Nabi yang diberi nama Ar-Rayyan dan bejana keduanya diberi nama Mughits serta bejana-bejana lainnya. Di sisi persenjataan perang, Rasulullah membawa beberapa pedang yang masing-masing pedang diberikan nama.

Lalu Nabi membawa Duru’ (baju besi) serta busur dan tenpat anak panah, tombak, mighfar (topi baja yang menutupi dua telinga) dan baidhah (topi baja yang bentuknya bulat setengah lingkaran). Dalam hal kendaraan, Nabi membawa kuda, bighal, keledai, unta kendaraan Nabi, dan unta perah Nabi.

Tak hanya itu, Rasulullah juga membawa infak apabila beliau membutuhkan pengobatan di saat perang. Terakhir, Nabi juga membawa kain kafannya sendiri dan bersabda: “Apabila aku mati, maka hendaknya kalian memandikan aku dengan air tujuh geriba dari sumurku ini yaitu sumur Ghars,”. Hadis ini diriwayatkan Imam Ibnu Majah.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA