Saturday, 9 Safar 1442 / 26 September 2020

Saturday, 9 Safar 1442 / 26 September 2020

9 Makanan yang Perlu Dihindari Jika Ingin Tidur Nyenyak

Ahad 13 Sep 2020 12:34 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti

Salah satu jenis pasta.

Salah satu jenis pasta.

Foto: Republika/Mutia Ramadhani
Kualitas tidur malam yang buruk dapat menimbulkan beragam risiko masalah kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sulit tidur pada malam hari dapat disebabkan oleh beragam hal. Salah satu penyebab yang mungkin jarang disadari adalah makanan dan minuman yang dikonsumsi saat malam hari.

"Semua orang tahu betapa pentingnya tidur malam yang baik untuk membantu pemulihan tubuh dan kesehatan mental," ujar juru bicara Testogen seperti dilansir di Wales Online, Ahad (13/9).

Kualitas tidur malam yang buruk dapat meningkatkan beragam risiko masalah kesehatan, seperti obesitas, diabetes, dan penyakit jantung. Kualitas tidur pada malam hari yang kurang baik juga dapat menyebabkan kesulitan konsentrasi.

Oleh karena itu, menjaga kualitas tidur pada malam hari tetap baik merupakan hal yang penting bagi kesehatan. Salah satunya adalah dengan lebih selektif dalam memilih makanan dan minuman yang dikonsumsi di malam hari.

Setidaknya ada sembilan makanan dan minuman yang sebaiknya tidak dikonsumsi pada malam hari agar kualitas tidur lebih baik. Berikut ini adalah kesembilan makanan dan minuman tersebut:

1. Pasta

Pasta merupakan karbohidrat yang dapat memberikan energi bagi tubuh. Pasta baik dikonsumsi saat pagi atau siang hari. Akan tetapi, konsumsi pasta pada malam hari akan membuat pelepasan energi terjadi ketika seseorang seharusnya tidur.

2. Pepermin

Pepermin dapat memicu terjadinya heartburn atau sensasi panas seperti terbakar di area dada. Bila sensasi ini muncul di malam hari setelah mengonsumsi pepermin, tentu tidur akan menjadi tidak nyaman.

3. Buah kering

Buah kering mengandung serat yang dapat memberi tekanan kepada sistem pencernaan. Terlebih, buah kering juga mengandung gula. Kombinasi ini tidak disarankan untuk dikonsumsi sebelum tidur.

4. Cokelat

Cokelat merupakan salah satu sumber kafein. Asupan kafein akan membuat seseorang terjaga di malam hari dan sulit untuk tidur.

5. Makanan pedas

Makanan pedas dapat meningkatkan aliran darah sehingga suhu tubuh meingkat. Kondisi ini merupakan hal yang tak diinginkan ketika tubuh sedang dipersiapkan untuk tidur.

6. Seledri

Seledri memiliki kandungan air yang cukup banyak. Mengonsumsi seledri di malam hari dapat meningkatkan kemungkinan seseorang terbangun di malam hari untuk buang air kecil, sehingga mengganggu kualitas tidur.

7. Roti putih

Roti putih mungkin dapat menjadi camilan malam yang menggiurkan. Akan tetapi kandungan gula dalam roti putih dapat membuat seseorang terjaga lebih lama di malam hari. Pilih opsi roti gandum bila ingin mengonsumsi roti di malam hari.

8. Sereal bergula

Sereal cenderung memiliki kandungan gula yang tinggi. Oleh karena itu, sereal baik dikonsumsi di pagi hari saat seseorang akan mulai beraktivitas. Akan tetapi, mengonsumsi sereal bergula di malam hari akan memberikan energi yang membuat seseorang lebih sulit untuk tertidur.

9. Keju

Keju mengandung zat kimia bernama tyramine. Zat kimia ini dapat menyebabkan otak bekerja lebih keras dari biasanya. Kondisi ini akan membuat seseorang lebih sulit untuk tidur bila dikonsumsi di malam hari.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA