Sabtu 05 Sep 2020 19:31 WIB

Cara Mematikan Video Putar Otomatis di Facebook dan Twitter

Pemutaran video otomatis di facebook dan Twitter bisa jadi mengganggu.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Ani Nursalikah
Cara Mematikan Video Putar Otomatis di Facebook dan Twitter.
Foto: EPA
Cara Mematikan Video Putar Otomatis di Facebook dan Twitter.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengguna internet mungkin akan terkejut dengan video yang diputar otomatis di Facebook, Twitter, atau di internet secara umum. Video-video tersebut mulai diputar segera setelah pengguna memuat halaman atau saat pengguna menggulir halaman.

Pemutaran video otomatis adalah fitur yang, meskipun menyenangkan saat menampilkan konten yang terkait dengan minat pengguna, bisa jadi sangat mengganggu. Video putar otomatis juga bisa berbahaya, membuat pengguna terpapar konten kekerasan, menyinggung atau hal tidak diinginkan yang seharusnya tidak dilihat secara default.

Baca Juga

Namun tidak perlu khawatir karena ada kiat untuk mengakhiri pemutaran video otomatis itu. Dilansir dari The Verge, Sabtu (5/9), yang perlu diingat, pengguna perlu menyesuaikan pengaturan ini untuk setiap perangkat yang digunakan, karena preferensi pengguna pada, misalnya ponsel, tidak secara otomatis masuk ke PC.

Jika menggunakan Facebook di browser, pengguna bisa membuka menu drop-down di kanan atas halaman. Pilih “Settings & Privacy” kemudian “Setting”.

Cari daftar  “Video” di menu sebelah kiri. Di dalam opsi itu, terdapat pilihan yang dapat mematikan pemutaran video secara otomatis.

Facebook juga memiliki opsi serupa yang tersedia untuk aplikasi iOS dan Android. Untuk pengguna iOS, klik tombol menu di bagian bawah layar tersebut. Tap “Settings & Privacy”, lalu “Setting”. Gulir ke bawah hingga menemukan “Media and Contacts”, lalu tap “Videos and Photos”. Terakhir, setelah menemukan “Autoplay”, pengguna menonaktifkan fitur tersebut.

Bagi pengguna Android, klik menu di kanan atas layar. Setelah pengguna berada di sana, gulir ke bawah dan tap “Settings & Privacy”, lalu “Settings”.

Gulir ke bawah hingga pengguna menemukan “Media and Contacts” dan tap di atasnya. Tap “Autoplay” dan setel ke pilihan “Never Autoplay Videos”.

Bagi pengguna Twitter di browser mereka bisa mengklik “More” di menu sebelah kiri dan pilih “Settings and Privacy”. Pilih “Data Usage”. Klik di pengaturan “Autoplay” dan pengguna bisa menonaktifkan pemutaran otomatis video di feednya.

Pengguna iOS dan Android bisa mencoba cara klik gambar profil di bagian atas ponsel. Pilih “Setting and Privacy” di menu. Arahkan ke “Data Usage”, tap “Video Autoplay” dan setel ke “Never”.

https://www.theverge.com/21422932/autoplay-videos-how-to-facebook-twitter-reddit-chrome-safari-edge-firefox

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement