Ahad 09 Aug 2020 23:27 WIB

Tim SAR Evakuasi Korban Tenggelam di Pantai Pangumbahan

Korban yang bernama Zayyan Dhiandra (18 tahun) sebelumnya tenggelam pada Jumat (7/8).

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Muhammad Fakhruddin
Tim SAR Evakuasi Korban Tenggelam di Pantai Pangumbahan. Ilustrasi Tenggelam
Foto: Foto : MgRol112
Tim SAR Evakuasi Korban Tenggelam di Pantai Pangumbahan. Ilustrasi Tenggelam

REPUBLIKA.CO.ID,SUKABUMI -- Tim SAR gabungan mengevakuasi seorang wisatawan yang tenggelam di Pantai Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi dalam keadaan meninggal dunia Ahad (9/8). Korban ditemukan pada radius 2 NM dari lokasi kejadian pada pukul 17.10 WIB.

Korban yang bernama Zayyan Dhiandra (18 tahun) sebelumnya tenggelam pada Jumat (7/8) sekitar pukul 17.45 WIB ketika sedang berenang bersama seorang rekannya di Pantai Pangumbahan. Korban adalah salah seorang wisatawan yang berasal dari Bintaro, Tangerang Selatan, yang sedang berlibur di kawasan pantai wisata tersebut.

“Korban dievakuasi atas kerjasama tim SAR gabungan dalam upaya pencarian pada hari ini dan akhirnya korban ditemukan Minggu petang tadi,'' ujar Hendra Sudirman, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta selaku SAR Mission Coordinator (SMC) dalam operasi SAR. Jasad korban dilakukan proses evakuasi menuju RSUD Jampang Kulon.

Hendra mengungkapkan, pihaknya menyampaikan duka cita yang mendalam kepada keluarga korban atas kejadian yang menimpa diri korban. Selain itu berpesan kepada para wisatawan maupun masyarakat agar memperhatikan faktor keselamatan apabila sedang melakukan kegiatan maupun aktifitas di pinggir pantai agar kejadian ini tidak terulang kembali.

Sebelumnya kata Hendra, pada Ahad pagi tadi tim SAR gabungan melakukan upaya pencarian terhadap korban yang sudah memasuki hari ketiga dengan membagi area pencarian menjadi tiga. Di mana SRU (Search rescue unit) pertama melakukan pencarian dengan penyisiran menggunakan perahu jukung dengan luas area pencarian kurang lebih 1 NM di sekitar lokasi kejadian.

SRU kedua melakukan pencarian dengan menyisir melalui jalur udara menggunakan drone. Terakhir SRU ketiga melakukan pencarian dengan pengamatan visual melalui jalur darat di sepanjang bibir pantai hingga sejauh 2 KM dari lokasi kejadian.

Menurut Hendra, puluhan personil SAR gabungan pun dilibatkan dalam upaya pencarian terdiri dari Pos SAR Sukabumi, Polsek Ciracap, BPBD Kabupaten Sukabumi, Koramil Surade, Polair Polres Sukabumi, Pos TNI AL Ujung Genteng, PMI Kabupaten Sukabumi. Selain itu HNSI, SAR Drone Jabar, IEA Sukabumi, RAPI, BPPW Jabar, PUPR Jabar, Sarda Sukabumi, SAR MTA, Komunitas Jampang Peduli, Balawista Ujung Genteng, serta masyarakat setempat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement