Ahad 09 Aug 2020 15:29 WIB

BNI Dorong Ekosistem Digital Bagi Nelayan

BNI dan startup komitmen membantu nelayan meningkatkan produktifitas tangkapan ikan

Rep: Novita Intan/ Red: Gita Amanda
Nelayan beraktivitas diatas kapal saat matahari terbenam, (ilustrasi). BNI mendorong ekosistem digital bagi nelayan.
Foto: ANTARA /BUDI CANDRA SETYA
Nelayan beraktivitas diatas kapal saat matahari terbenam, (ilustrasi). BNI mendorong ekosistem digital bagi nelayan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Negara Indonesia (BNI) (Persero) Tbk membangun ekosistem digital. Kali ini perseroan menyasar nelayan tangkap di Kotabaru, Pulau Laut, Kalimantan Selatan.

Pjs Head of Region BNI Wilayah Banjarmasin Untung Rahmat Basuki mengatakan perseroan menggandeng mitra startup yang bergerak bidang perikanan. Ekosistem ini dapat melayani seluruh kebutuhan nelayan atau petambak seperti kebutuhan melaut, menjamin penyerapan hasil tangkapan nelayan dan menghubungkan produk-produk hasil laut ke pasar ekspor.

Baca Juga

“Jadi, pendanaan ke sektor kelautan dan perikanan tidak hanya terbatas Kredit Usaha Rakyat (KUR). Nelayan dapat mengakses pembiayaan dan pendampingan untuk meningkatkan produktivitas,” ujarnya dalam keterangan tulis, Ahad (9/8).

Sementara Pemimpin Divisi Bisnis Usaha Kecil 2 BNI Bambang Setyatmojo menambahkan kerja sama dengan mitra startup di Pulau laut tersebut merupakan perluasan atas pembangunan ekosistem nelayan kerjasama dengan mitra-mitra start-up bidang perikanan.

"BNI dan startup berkomitmen membantu nelayan meningkatkan produktifitas tangkapan ikan, juga mendorong penyediaan mini processing unit dan market place penjualan hasil dan kebutuhan melaut, serta memberikan pendampingan pada nelayan, sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat nelayan," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement