Saturday, 2 Safar 1442 / 19 September 2020

Saturday, 2 Safar 1442 / 19 September 2020

Ini Manfaat Smart Poultry Bagi Peternak

Rabu 05 Aug 2020 20:03 WIB

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Fuji Pratiwi

Solusi XL Smart Poultry berbasis Internet of Things (IoT) dari PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) berhasil meningkatkan produksi unggas milik PT Sierad Produce Tbk (Sierad Produce).

Solusi XL Smart Poultry berbasis Internet of Things (IoT) dari PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) berhasil meningkatkan produksi unggas milik PT Sierad Produce Tbk (Sierad Produce).

Foto: dok XL Axiata
XL Smart Poultry adalah wujud nyata revolusi industri 4.0 di industri peternakan ayam

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Solusi XL Smart Poultry berbasis Internet of Things (IoT) dari PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) berhasil meningkatkan produksi unggas milik PT Sierad Produce Tbk (Sierad Produce). Ada beberapa manfaat yang peternak peroleh menggunakan Smart Poultry.

Chief Enterprise & SME Officer XL Axiata Feby Sallyanto menjelaskan, sedikitnya ada lima keuntungan yang peternak ayam bisa dapatkan dengan menerapkan solusi XL Smart Poultry. Peternak dapat memonitor kondisi lingkungan secara langsung mulai dari suhu dan kelembaban sampai dengan tingkat cahaya, kecepatan angin, kadar CO2, juga amonia. 

Peternak juga dapat memonitor konsumsi pakan dan minum ayam serta hasil tumbuh kembang ayam melalui indikator harian ABW (Average Body Weight) atau rata-rata berat harian. Peternak akan mendapatkan peringatan dan notifikasi secara langsung sehingga dapat lebih cepat tanggap menangani hal ini di kandang.

Manfaat selanjutnya adalah XL Smart Poultry dapat membantu peternak dalam mengotomatisasi operasional kipas dengan menyesuaikan suhu dan kelembaban lingkungan untuk mencapai target suhu harian dalam kandang. Peternak juga dapat melakukan analisis performa dari beberapa indikator yang ada seperti FCR, IP, FE (Feed Efficiency), dan Depletion atau Mortality Rate melalui XL Smart Poultry Dashboard baik melalui website ataupun aplikasi mobile. Terakhir, peternak juga dapat memonitor status dari masing sensor dan melakukan proses kalibrasi melalui dashboard.

"XL Smart Poultry adalah wujud nyata revolusi industri 4.0 di sektor industri peternakan ayam yang memberikan keamanan, kemudahan integrasi dan scale-up bisnis," kata Feby melalui keterangan tertulis, Rabu (5/8).

Dalam rentang setahun terakhir kerja sama dengan Sierad Produce, XL Axiata juga terus melakukan pengembangan pada solusi XL Smart Poultry. Beragam inovasi baru terus diimplementasikan. 

Pada kuartal ketiga 2019, telah dilakukan pengembangan seperti penggunaan perangkat untuk melindungi sensor dari masuknya air pada saat proses pembersihan. Pun penyesuaian formula dan algoritma untuk mengikuti standar terkini pada industri peternakan dan penambahan analitik untuk menganalisa pasokan pakan menggunakan load cell pada feed hopper.

Komitmen XL Axiata dalam pengembangan IoT diwujudkan dalam pembangunan jaringan NB-IoT di lebih dari 30 kota besar, pengembangan platform flexIoT sebagai IoT Solution Enabler, dan pengaktifan X-Camp sebagai pusat pengembangan serta RnD yang mempertemukan Industri dengan para Makers. Hingga saat ini, ribuan perusahaan telah aktif memanfaatkan produk dari XL Business Solution untuk menumbuhkan bisnis mereka.

Baca Juga

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA