Selasa 04 Aug 2020 16:51 WIB

Kabar Baik Man City, Madrid Sering Kalah Saat Ramos Absen

Ramos menjadi semacam jimat keberuntungan Madrid.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Israr Itah
Kapten Real Madrid, Sergio Ramos.
Foto: EPA-EFE / Rodrigo Jimenez
Kapten Real Madrid, Sergio Ramos.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Real Madrid harus bermain tanpa kapten Sergio Ramos pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions, di Stadion Etihad, Manchester, Sabtu (8/8) dini hari WIB. Padahal ini laga krusial Madrid yang harus mengejar ketertinggalan agregat 1-2 dari kekalahan pada leg pertama di Santiago Bernabeu. Tanpa kehadiran Ramos di lapangan, tugas Los Blancos bakal semakin berat.

Ramos menjadi semacam jimat keberuntungan Madrid. Setiap kali dia absen, pasukan Los Blancos kerap tumbang. Ramos tak bisa beraksi di Manchester karena mendapatkan larangan tampil akibat kartu merah pada leg pertama.

Baca Juga

Dikutip dari Marca, Selasa (4/8), Ramos selalu menjadi penyelamat Madrid saat laga-laga krusial yang menginspirasi rekan-rekannya. Sebaliknya, dalam enam pertandingan terakhir tanpa kehadiran Ramos di kompetisi Eropa, Madrid hanya menang satu kali. Kemenangan tersebut didapatkan saat menang 3-1 atas Club Brugge pada babak penyisihan grup Liga Champions musim ini. Namun kemenangan tersebut tak berarti banyak karena Madrid sudah dipastikan lolos ke babak sistem gugur.

Siklus kekalahan Madrid ketika tak ada Ramos dimulai pada perempat final Liga Champions musim 2017/2018. Ketika itu, Madrid kalah 1-3 dari Juventus di Santiago Bernabeu. Namun Gareth Bale dan kawan-kawan berhasil melaju ke semifinal karena pada leg pertama menang 3-0.

Pada musim 2018/2019, hal serupa terjadi saat Julien Lopetegui masih menjadi pelatih. Ketika bertandang ke CSKA Moskow di babak grup, Ramos diistirahatkan. Benar saja, Madrid pun kalah 0-1 dari klub asal Rusia itu. Ketika CSKA Moskow bertandang ke markas Madrid, Ramos kembali tak dimainkan akibatnya tim tuan rumah kembali takluk 0-3.

Kejadian serupa terjadi saat melawan Ajax Amsterdam pada babak 16 besar. Pada leg pertama, Madrid menang 2-1. Namun pada leg kedua di Santigao Bernabeu, Ramos tak bisa dimainkan karena skorsing. Akibatnya, Madrid kalah 1-4 sehingga harus tersingkir lebih dini.

Madrid juga mengalami kekalahan 0-3 dari Paris Saint-Germain di pertandingan pembuka penyisihan grup Liga Champions musim ini tanpa kehadiran Ramos. Secara keseluruhan Ramos telah absen membela Madrid sebanyak 30 pertandingan di Liga Champions baik karena cedera atau skorsing. Meski secara keseluruhan Madrid lebih banyak meraih kemenangan tanpa Ramos, namun 62,5 persen kekalahan Madrid terjadi dalam enam pertandingan terakhir. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement