Selasa 04 Aug 2020 11:13 WIB

Gim Sony PS5 tak Bisa Dimainkan dengan Pengontrol PS4

Beberapa gim akan sangat bergantung pada fitur-fitur baru di PS5.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Sony Play Station 5
Foto: sony
Sony Play Station 5

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sony menjawab beberapa hal yang membuat penasaran tentang konsol baru PlayStation 5 di PlayStation Blog. Salah satunya pertanyaan mengenai kompatibilitas periferal PlayStation4 dan aksesori pada PlayStation5.

Sony menjawab sebagian besar masih akan bekerja dengan konsol generasi berikutnya, namun ada beberapa pengecualian. Yang paling menonjol di antaranya adalah DualShock 4. Ini merupakan jawaban resmi untuk pertanyaan tentang apakah controller DualShock 4 PS4 akan bekerja dengan gim PS5.

Baca Juga

“Tidak, kami percaya gim PS5 harus mengambil keuntungan dari kemampuan dan fitur baru yang kami bawa ke platform, termasuk fitur pengendali nirkabel DualSense,” ujar perusahaan, seperti yang dilansir dari BGR, Selasa (4/8).

DualSense merupakan pergeseran desain yang paling signifikan untuk pengontrol Sony, karena Sony menambahkan joystick ke pengontrol PS1. Selain tampilan dan nuansa baru, DualSense menambahkan sejumlah fitur baru, termasuk umpan balik haptic, pemicu adaptif dan mikrofon internal.

Beberapa gim PS5 tampaknya akan sangat bergantung pada fitur-fitur baru ini. Itulah sebabnya seseorang tidak akan dapat memainkannya dengan DualShock4.

Berita baiknya, pengontrol DualShock4 tidak akan sia-sia ketika seseorang memutuskan untuk meningkatkan ke PS5. Periferal khusus seperti racing wheels, arcade sticks dan flight sticks, akan bekerja dengan gim PS5 dan gim PS4.

Platinum dan Gold Wireless Headset, serta headset pihak ketiga yang terhubung melalui port USB atau jack audio akan berfungsi pada PS5 (aplikasi pendamping headset tidak kompatibel dengan PS5).

Pengontrol nirkabel DualShock 4 dan PlayStation yang resmi melisensi pengontrol gamepad pihak ketiga akan bekerja dengan gim PS4. Baik PS Move Motion Controllers dan PlayStation VR Aim Controller akan bekerja dengan gim PS VR yang didukung di PS5.

Di bagian terpisah, Sony mengonfirmasi PlayStation Camera akan bekerja dengan PS5 untuk memainkan gim PS VR yang didukung. Pengguna memerlukan adaptor untuk membuatnya berfungsi, namun Sony mengatakan akan menyediakannya secara gratis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement