Senin 03 Aug 2020 20:08 WIB

Penyuluhan Kesehatan Anak, Baznas Depok Ajak Mahasiswa IPB

Segala program kegiatan kemasyarakatan bisa dikerjasamakan dengan Baznas Kota Depok.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Endro Yuwanto
Gerakan cuci tangan oleh anak-anak SD. (ilustrasi).
Foto: Antara/Zarqoni
Gerakan cuci tangan oleh anak-anak SD. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Depok menggandeng mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) untuk memberikan penyuluhan pemilahan sampah. Baznas Depok juga menginformasikan enam langkah mencuci tangan kepada para pelajar.

"Ini upaya untuk meningkatkan kesehatan anak-anak di Kota Depok," kata Wakil Ketua II Baznas Kota Depok, Abdul Ghofar, dalam siaran pers, Senin (3/8).

Abdul menambahkan, lembaganya merupakan wadah bagi seluruh mahasiswa yang ingin mengekspresikan ilmu normatif yang didapat dari kampus. Segala program kegiatan kemasyarakatan, bisa dikerjasamakan dengan Baznas Kota Depok.

"Apalagi sekarang sedang pandemi Covid-19, menjadi hal baru bagi seluruh civitas akademika, mengaplikasi nilai-nilai kepada masyarakat dalam kondisi ini," terang Ghofar.

Menurut Ghofar, untuk awalan, program Kelompok Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Tahun 2020 tersebut telah dilakukan di kawasan Kecamatan Cipayung. Dengan menyasar puluhan pelajar SD dan SMP. "Kami selalu mendukung kegiatan mahasiswa," ucapnya.

Perwakilan mahasiswa IPB, Haekal mengatakan, penanaman Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) harus diberikan sejak dini. Apalagi di masa pandemi, imbuhnya, anak-anak harus bisa menjaga kesehatan.

"Kegiatan edukasi mencuci tangan dilakukan dengan menyanyikan lagu enam Langkah Cuci Tangan Yang Benar, serta diimplementasikan langsung setelah semua kegiatan berakhir. Cuci tangan salah satu upaya meningkatkan kesehatan diri dan sedari kecil ditanamkan agar menjadi kebiasaan baik hingga dewasa," pungkas Haekal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement