Jumat 24 Jul 2020 15:56 WIB

Sholat Jumat di Hagia Sophia Diawali dengan Lantunan Alquran

Sholat Jumat di Hagia Sophia menjadi momen bersejarah.

Sholat Jumat di Hagia Sophia Diawali dengan Lantunan Alquran. Orang-orang menunggu sholat Jumat pertama di Masjid  Hagia Sophia  di Istanbul, Turki, Jumat (24/7/2020).
Foto: EPA-EFE / SEDAT SUNA
Sholat Jumat di Hagia Sophia Diawali dengan Lantunan Alquran. Orang-orang menunggu sholat Jumat pertama di Masjid Hagia Sophia di Istanbul, Turki, Jumat (24/7/2020).

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL -- Ibadah sholat Jumat di Hagia Sophia dimulai dengan lantunan ayat suci Alquran, Jumat (24/7). Saat berita ini ditulis, pembacaan ayat suci Alquran oleh qari kedua masih berlangsung.

Berdasarkan pantauan dari saluran Youtube Eman Channel yang menyiarkan langsung ibadah sholat Jumat, tampak jamaah sholat memenuhi halaman dan taman di sekitar Hagia Sophia. Mereka menggelar sajadah, mengenakan masker, dan menjaga jarak satu sama lain sambil mendengarkan lantunan Alquran.

Baca Juga

Sholat Jumat hari ini merupakan pertama kalinya terjadi di Hagia Sophia setelah 86 tahun. Hagia Sophia selama ini dikenal sebagai salah satu ikon pariwisata Turki, yang serial tahunnya menjadi destinasi bagi banyak turis domestik dan asing yang datang ke Istanbul. Pada 1985, bangunan saat ini berfungsi sebagai museum ini juga masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO. 

Tampak Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyimak pembacaan Alquran. Ia duduk di shaf depan.

Jauh sebelumnya, Hagia Sophia pernah berfungsi sebagai gereja selama 916 tahun. Hingga kemudian terjadi peristiwa penaklukkan Istanbul, bangunan ini menjadi masjid pada 1453. 

Pemerintah Turki pada 86 tahun lalu memutuskan Hagia Sophia menjadi sebuah museum mengingat sejarah bangunan tersebut. Namun, di bawah kepemimpinan Presiden Recep Tayyip Erdogan saat ini, tepatnya pada 10 Juli lalu, pengadilan membatalkan dekrit Kabinet 1934 yang mengubah bangunan menjadi museum. Keputusan tersebut membuka jalan untuk digunakan kembali sebagai masjid. 

Saksikan siaran langsung sholat Jumat di Hagia Sophia di sini 

https://www.republika.co.id/page/livetv/sholat-jumat-pertama-di-hagia-sophia

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement