Rabu 22 Jul 2020 20:27 WIB

Belajar Secara Tatap Muka, Sekolah Swasta Bandung Dibubarkan

Belajar secara tatap muka belum diizinkan di Bandung, Jawa Barat.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Reiny Dwinanda
Virus corona (ilustrasi). Salah satu sekolah swasta di Bandung, Jawa Barat kedapatan menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka.
Foto: www.freepik.com
Virus corona (ilustrasi). Salah satu sekolah swasta di Bandung, Jawa Barat kedapatan menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bandung, Jawa Barat menindak salah satu sekolah dasar (SD) swasta di Margahayu, Kecamatan Rancasari yang menyelenggarakan kegiatan belajar secara tatap muka di masa pandemi Covid-19. Mereka membubarkan kegiatan tersebut sebab menyalahi aturan.

"Iya betul, dibubarkan sama Satpol PP Kecamatan Rancasari," ujar Kasatpol PP Kota Bandung Rasdian kepada wartawan saat dihubungi, Rabu (22/7).

Baca Juga

Rasdian mengatakan bahwa sektor pendidikan masih belum termasuk sektor yang mendapatkan relaksasi dalam aturan pembatasan aktivitas untuk mencegah penyebaran virus corona. Oleh karena itu, menurutnya pihaknya meminta agar sekolah tidak melaksanakan kegiatan belajar tatap muka di sekolah. Ia mengatakan, pihaknya membubarkan aktivitas belajar mengajar siswa di sekolah tersebut.

"Sanksi tidak ada, kami hanya melakukan pembubaran agar tidak terjadi kerumunan," katanya.

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana merasa geram mendengar informasi tersebut. Ia menegaskan bahwa pelaksanaan belajar tatap muka di masa pandemi Covid-19 di Bandung belum bisa dilaksanakan.

"Nggak boleh tatap muka, di perwal ada (aturannya) karena berpotensi penyebaran Covid-19," katanya.

Yana pun menyarankan agar kegiatan tersebut dihentikan. Ia menyerukan agar sekolah kembali ke belajar jarak jauh.

"Kalau membandel akan disegel dalam rangka menegakkan perwal," katanya.

Sekda Kota Bandung Ema Sumarna mengatakan pihaknya akan menindak sekolah yang tidak menjalankan aturan Wali Kota Bandung. Menurutnya, belajar tatap muka belum diperbolehkan dan diperkirakan hingga Desember akan dilaksanakan belajar jarak jauh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement