Selasa 21 Jul 2020 13:25 WIB

Fakta-Fakta Kandidat Vaksin Covid-19 Buatan Oxford

Inggris telah memesan 100 juta dosis vaksin yang sedang dikembangkan Oxford.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
  Seorang pasien menerima uji coba vaksin yang berpotensi menjadi vaksin Covid-19.
Foto: Ted S. Warren/AP
Seorang pasien menerima uji coba vaksin yang berpotensi menjadi vaksin Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Vaksin virus corona yang dikembangkan oleh University of Oxford tampak aman dan memicu respons imun. Uji coba yang melibatkan 1.077 orang menunjukkan pemberian vaksin memicu tubuh membuat antibodi dan sel-T yang dapat melawan virus corona.

Dilansir di BBC, Senin (20/7) disebutkan, Inggris telah memesan 100 juta dosis vaksin tersebut.

Baca Juga

Bagaimana cara kerja vaksin? Vaksin yang disebut ChAdOx1 nCoV-19 ini sedang dikembangkan. Vaksin ini terbuat dari virus yang direkayasa secara genetika yang menyebabkan pilek pada simpanse.

Vaksin ini telah banyak dimodifikasi, pertama sehingga tidak dapat menyebabkan infeksi pada orang dan juga membuatnya "terlihat" lebih mirip virus corona. Ini berarti vaksin menyerupai virus corona dan sistem kekebalan tubuh dapat belajar bagaimana cara menyerangnya.

Apa itu antibodi dan sel-T? Sebagian besar fokus pada virus corona sejauh ini adalah tentang antibodi, tetapi ini hanya satu bagian dari pertahanan kekebalan tubuh kita.

Antibodi adalah protein kecil yang dibuat oleh sistem kekebalan yang menempel pada permukaan virus. Antibodi netralisasi dapat menonaktifkan virus corona.

Sel-T, adalah sejenis sel darah putih yang membantu mengoordinasikan sistem kekebalan tubuh dan mampu mengenali sel-sel tubuh mana yang telah terinfeksi dan menghancurkannya. Hampir semua vaksin efektif menginduksi respon antibodi dan sel-T.

Tingkat sel T memuncak 14 hari setelah vaksinasi dan tingkat antibodi memuncak setelah 28 hari. Studi belum berjalan cukup lama untuk memahami berapa lama mereka bisa bertahan.

Profesor Andrew Pollard, dari kelompok penelitian Oxford mengatakan bahwa hasil saat ini sangat menjanjikan. Timnya percaya jenis respons yang mungkin terkait dengan perlindungan.

"Tapi pertanyaan kunci yang ingin diketahui semua orang adalah apakah vaksin itu berfungsi, dosis yang diberikannya perlindungan, dan kita sedang menunggu." kata Prof. Pollard.

Studi ini menunjukkan 90 persen orang mengembangkan antibodi setelah satu dosis. Hanya sepuluh orang yang diberi dua dosis dan semuanya menghasilkan antibodi penawar.

"Kami tidak tahu tingkat yang dibutuhkan untuk perlindungan, tetapi kami dapat memaksimalkan respons dengan dosis kedua," kata Prof Pollard.

Apakah ini aman? Ya, tetapi ada efek sampingnya. Tidak ada efek samping berbahaya dari penggunaan vaksin. Namun 70 persen orang dalam percobaan mengalami demam atau sakit kepala. Para peneliti mengatakan ini bisa diatasi dengan parasetamol.

Apa langkah selanjutnya dalam uji coba? Hasil sejauh ini menjanjikan, tetapi tujuan utama mereka adalah untuk memastikan vaksin cukup aman untuk diberikan kepada orang-orang. Studi ini tidak dapat menunjukkan apakah vaksin dapat mencegah orang menjadi sakit atau bahkan mengurangi gejala Covid-19.

Lebih dari 10 ribu orang akan ambil bagian dalam tahap uji coba berikutnya di Inggris. Namun, uji coba juga telah diperluas ke negara lain karena tingkat virus corona rendah di Inggris.

Selanjutnya, akan ada uji coba besar yang melibatkan 30 ribu orang di AS serta 2.000 di Afrika Selatan dan 5.000 di Brasil.

Ada juga panggilan untuk melakukan "uji coba tantangan" di mana orang yang divaksinasi sengaja terinfeksi dengan virus corona. Namun, ada masalah etika karena kurangnya perawatan.

Kapan saya akan mendapat vaksin? Mungkin saja vaksin virus corona akan terbukti efektif sebelum akhir tahun. Namun, vaksin itu tidak akan tersedia secara luas.

Pekerja kesehatan dan perawatan akan diprioritaskan seperti halnya orang yang dianggap berisiko tinggi dari Covid-19 karena usia atau kondisi medis mereka. Namun, vaksinasi luas kemungkinan akan ada paling awal tahun depan, jika semuanya berjalan sesuai rencana.

Kemajuan apa yang sedang dibuat dengan vaksin lain? Vaksin Oxford bukan yang pertama mencapai tahap ini, dengan kelompok-kelompok di AS dan China juga menerbitkan hasil yang serupa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement