Jumat 03 Jul 2020 04:11 WIB

Vaksin Covid-19 Oxford Aman untuk Pemilik Sistem Imun Lemah

Vaksin Covid-19 yang dikembangkan Oxford berbasis adenovirus.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Reiny Dwinanda
Vaksin Covid-19 (ilustrasi). Di antara lebih dari seratus kandidat yang sedang dalam fase uji coba, vaksin yang dikembangkan Oxford dan AstraZeneca menjadi yang paling menjanjikan.
Foto: topnews.in
Vaksin Covid-19 (ilustrasi). Di antara lebih dari seratus kandidat yang sedang dalam fase uji coba, vaksin yang dikembangkan Oxford dan AstraZeneca menjadi yang paling menjanjikan.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Sejak pandemi Covid-19 dimulai, para ilmuwan dan pakar medis dari seluruh dunia telah mencari cara pengobatan yang efektif berikut pencegahan infeksi virus yang mematikan ini. Di antara lebih dari seratus kandidat yang sedang dalam fase uji coba, vaksin yang dikembangkan Oxford dan AstraZeneca menjadi yang paling menjanjikan.

Dilansir Times Now News, Kamis (2/7), belum lama ini, sukarelawan di Brasil telah dilibatkan dalam uji klinis vaksin ChAdOx1 yang dibuat dengan teknologi berbasis adenovirus. Vaksin telah dianggap aman bahkan untuk orang dengan sistem kekebalan yang lemah.

Baca Juga

Vaksin yang digunakan dalam uji coba di Brasil, yang melibatkan 5.000 sukarelawan, mirip dengan yang digunakan di Inggris dan Afrika Selatan.  Vaksin ini didasarkan pada adenovirus, virus lain yang menyebabkan infeksi saluran pernapasan atas ringan.

"Kami telah menghilangkan beberapa gen adenovirus, sehingga ketika digunakan sebagai vaksin, adenovirus tidak dapat menyebar ke seluruh tubuh. Itu membuatnya sangat aman, bahkan pada orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah. Tetapi karena itu masih merupakan virus hidup, itu bagus untuk mendorong respons kekebalan yang kuat setelah vaksinasi," kata Profesor Sarah Gilbert dari Departemen Kedokteran Nuffield, Universitas Oxford.

Gilbert mengatakan ini dalam kuliah singkat diskusi informal dengan duta besar negara anggota PBB. Menurut para peneliti dari Universitas Oxford, ada banyak jenis adenovirus yang menginfeksi manusia, karena itu orang telah mengembangkan antibodi untuk melawannya.

"Kami mulai dengan adenovirus yang diisolasi dari simpanse dan tidak beredar di populasi manusia, sehingga tidak ada kekebalan sebelumnya terhadap virus itu. Kemudian kami menambahkan gen untuk mengkodekan salah satu protein dari patogen yang ingin kami vaksinasi terhadap SARS-CoV-2 kami menggunakan protein lonjakan, yang menutupi permukaan virus corona," kata Gilbert.

Teknologi yang sama telah digunakan untuk menghasilkan berbagai kandidat vaksin lain melawan berbagai patogen. Ini termasuk flu, chikungunya, Zika dan virus corona lain, Middle East Respiratory Syndrome (MERS).

Jika vaksin Oxford berhasil, Gilbert percaya yang lain juga akan berhasil. Menekankan pada pengalaman Ebola, dia menambahkan bahwa tujuannya adalah untuk menghasilkan beberapa vaksin untuk dilisensikan daripada berakhir dengan monopoli.

Tetapi, menurut Gilbert, tidak mungkin bahwa semua kandidat vaksin yang sekarang dalam pengembangan akan efektif. Banyak yang akan membutuhkan lebih dari satu dosis. Pengembang vaksin harus bekerja sama untuk membandingkan respons kekebalan dan menilai platform vaksin yang berbeda.

"Teknologi, yang dapat memproduksi dalam skala besar dan biaya rendah harus diprioritaskan, tetapi mereka juga harus sangat efektif," tambah Gilbert.

Vaksin ChAdOx1 nCoV-19 telah dilisensikan ke AstraZeneca, yang telah bermitra dengan Serum Institute of India untuk memproduksi vaksin eksperimental di India. Kesepakatan dengan Brasil untuk produksi vaksin juga sedang dilakukan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement