Senin 20 Jul 2020 18:50 WIB

Cara Menambahkan Siswa ke Kelas di Google Classroom

Google Classroom bisa diakses melalui dekstop atau gawai.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Guru membuat tugas dan berinteraksi dengan siswa lewat Google Classroom di SMP Lazuardi Kamila Global Compassianote School (SCS), Solo, Jawa Tengah, Selasa (17/3/2020).
Foto: ANTARA/Maulana Surya
Guru membuat tugas dan berinteraksi dengan siswa lewat Google Classroom di SMP Lazuardi Kamila Global Compassianote School (SCS), Solo, Jawa Tengah, Selasa (17/3/2020).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama masa karantina di rumah, siswa-siswa sekolah harus belajar di rumah dengan menggunakan berbagai media belajar dari internet. Salah satu yang dapat digunakan untuk pekerjaan rumah adalah Google Classroom. 

Guru bisa mengatur kelas di Google Classroom. Setelah itu, pengajar akan mengundang siswanya ke kelas virtual. Pengajar dapat mengundang siswa sebanyak yang mereka inginkan.

Baca Juga

Seperti yang dilansir dari laman Dummies, Senin 20/7), pengajar dapat mengundang siswa dari direktori sekolah, dari kontak mereka sendiri atau daftar grup.

Caranya, adalah dengan masuk ke kelas dan klik tab Students.

Kemudian klik Invite. Di kotak dialog Select Students to Invite, centang kotak di sebelah semua siswa yang ingin pengajar undang ke kelas dan klik Invite Students. Daftar kelas akan diperbarui untuk menyertakan siswa yang baru saja pengajar undang.

Para siswa yang diundang menerima email yang meminta mereka untuk bergabung dengan kelas. Setiap siswa harus mengklik tautan dalam surel untuk bergabung dengan kelas.

Yang perlu diingat, para siswa harus memiliki alamat email milik domain sekolah, contohnya seperti [email protected]. Pengguna tidak dapat mengundang orang di luar domain sekolah. Jika pengguna memiliki banyak siswa untuk dipilih, gunakan pilihan Search di bagian atas untuk menemukan siswa di kelas.

Selain itu, pengajar juga bisa mengundang siswa ke kelas virtualnya dengan memberikan kode akses. Caranya, masuk ke kelas dan dapatkan kode kelas di kiri bawah.

Berikan kode itu pada siswa melalui metode yang paling nyaman (seperti menulisnya di papan kelas atau memasukkannya di selebaran). Kemudian, beri tahu siswa untuk masuk ke classroom.google.com, klik tanda plus di bagian atas dan ketikkan kode untuk bergabung dengan kelas.

Pengajar bisa  menonaktifkan atau mereset kode akses  jika diperlukan karena alasan tertentu. Buka tab Stream kelas dan klik menu drop-down di sebelah kode akses. Reset untuk memberikan kode baru ke kelas dan menonaktifkan kode lama. Siswa harus bergabung kembali ke kelas dengan kode baru.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement