Senin 20 Jul 2020 14:54 WIB

Bujuk Rayu Ferguson Untuk Bisa Dapatkan Ronaldo

Berbagai cara dilakukan Sir Alex Ferguson untuk membujuk Cristiano Ronaldo bergabung.

Rep: Hartifiany Praisa/ Red: Agung Sasongko
Cristiano Ronaldo menerima penghargaan
Foto: UEFA/EPA
Cristiano Ronaldo menerima penghargaan

REPUBLIKA.CO.ID,MANCHESTER -- Berbagai cara dilakukan Sir Alex Ferguson untuk membujuk Cristiano Ronaldo bergabung dengan Manchester United.  Sebelumnya, Manchester United menghabiskan musim panas 2003 untuk mengejar Ronaldinho. 

Namun gagal karena pemain asal Brasil ini lebih memilih hengkang ke Barcelona dari Paris Saint Germain. anchester United gagal mengalahkan Barcelona untuk mencapai targetnya. Pada akhirnya, Setan Merah menyediakan 12 juta euro untuk bisa dapatkan pemain muda termahal, Ronaldo dari Sporting Lisbon.

Baca Juga

Tidak sedikit publik yang yakin bahwa Ronaldo yang saat itu berusia 18 tahun akan menjadi pemain terbaik sepanjang masa. Namun Sir Alex Ferguson yakin bahwa itu akan jadi kenyataan.

Pada awalnya, rencana klub hanya meminjam Ronaldo untuk musim 2003/2004. Namun Ferguson kagum atas penampilan Ronaldo saat pramusim melawan klub Portugis dan meminta direktur eksekutif klub, Peter Kenyon untuk membawa Ronaldo ke Manchester.

Ferguson harus membujuk Kenyon agar Ronaldo bisa dipatenkan di Manchester United. "Saya mendapat telepon dan dia mengatakan, 'daripada kita tinggalkan Ronaldo disini, bisakah kita membawa dia pulang?'," kenang Kenyon seperti dilansir dari laman Mirror.

"Lalu tim pergi di hari selanjutnya dan saya tinggal untuk itu," kata Kenyon.

Harga transfer saat itu tergolong besar untuk keinginan Ferguson. Dia pun yakin Ronaldo bisa jadi pemilik nomor ikonik 7 selanjutnya setelah David Beckham, George Best, Bryan Robson, dan Eric Cantona.

Kenyon pun mengenang bagaimana kekuatan persuasif yang dilakukan Ferguson ketika perekrutan Ronaldo. Tak jarang mereka harus berdebat panjang untuk mendiskusikan hal itu.

"Saat itu Alex sangat luar biasa. Dia menjual Manchester United sangat baik dibandingkan siapapun. Dia tidak pernah berlebihan dalam menjanjikan sesuatu, tapi dia bisa memberikan apa yang orang-orang inginkan," katanya.

Ronaldo akhirnya menjadi superstar seperti apa yang dilihat Ferguson saat menemukannya. Selama berseragam Manchester United, Ronaldo mencetak 118 gol dalam 292 penampilannya dan membawa tiga gelar Liga Premier, trofi Liga Champions 2008 dan Piala Dunia Klub.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement