Friday, 24 Zulhijjah 1441 / 14 August 2020

Friday, 24 Zulhijjah 1441 / 14 August 2020

Tip dan Trik Membuat Es Krim di Rumah

Senin 20 Jul 2020 12:50 WIB

Rep: Farah Noersativa/ Red: Reiny Dwinanda

Es krim vanila. Es krim merupakan salah satu kudapan yang bisa dibuat sendiri di rumah.

Es krim vanila. Es krim merupakan salah satu kudapan yang bisa dibuat sendiri di rumah.

Foto: Flickr
Es krim dapat dibuat sendiri di rumah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Es krim menjadi camilan favorit di segala usia. Es krim pun menjadi salah satu kudapan yang bisa dibuat sendiri di rumah.

Baca Juga

Dilansir laman NBC News, Selasa (20/7), salah satu pendiri Lick Honest Ice Creams di Austin, Anthony Sobotik, mengatakan bahwa proses pembuatan es krim bervariasi, tergantung resep yang diikuti. Proses pembuatan es krim biasanya dimulai dengan membuat bahan dasar es krim dan memasaknya di atas kompor.

Setelah itu, letakkan bahan dasar yang telah dimasak ke alat pembuat es krim yang bisa membekukan dan memadukan campuran. Untuk membuat esk krim, dibutuhkan susu, krim kental, gula putih, dan vanila.

Sobotik juga menambahkan sirup beras merah, bukan pemanis cair seperti sirup jagung.  Dia juga menggunakan tepung tapioka untuk mengentalkan es krim dan menyerap kelebihan kelembapan yang ada dalam campuran.

Sementara itu, Kepala Chef Utama restoran berbintang Michelin Kajitsu di New York, AS, chef Hiroki Odo, sering menggunakan telur dalam resep es krimnya.  Dia merekomendasikan untuk menambah telur yang dicairkan sebelum dimasak bersama bahan-bahan lain.

Penambahan telur harus dilakukan secara satu per satu. Aduk bahan es krim setiap kali telur dimasukkan.

Odo juga mencatat untuk tidak perlu menambahkan air ke bahan dasar es krim. Sebab, kelembapan yang berlebih dapat menciptakan tekstur yang tidak halus.

Odo juga merekomendasikan penggunaan susu mentah dalam bahan dasar es krim. Hal itu akan memberikan rasa yang lebih dalam daripada susu tradisional yang tersedia dalam kemasan karton.

Setelah mesin melakukan tugasnya, bekukan es krim selama beberapa jam agar mengendap. Sobotik mengatakan, proses pembuatan es krim membutuhkan waktu sekitar tiga jam dari awal hingga akhir.

Namun demikian, kerangka waktunya bervariasi. Menurut Sobotik, sebaiknya sebelum memulai membuatnya, baca resep atau tonton video daring untuk mendapatkan intisari dari apa yang dibutuhkan dalam membuat es krim buatan sendiri.

Berikut beberapa tip dan trik yang dapat memudahkan saat membuat es krim sendiri di rumah.

1. Masak bahan dasar es krim selama sekitar lima hingga 10 menit lebih lama dari resep yang disarankan. Proses masaknya pun disarankan Sobotik  menggunakan api kecil.

Hal ini akan menguapkan kelembapan dari dasar es krim. Dengan begitu, es krim akan lebih mudah membeku hingga mencapai tekstur yang lebih kental.

2. Soal rasa es krim, Sobotik merekomendasikan menambahkan sedikit bubuk espresso instan yang menambah rasa cokelat.

3. Odo menyarankan untuk meletakkan sendok es krim ke dalam air panas untuk membuatnya hangat sebelum mengeruk es krim.  Ini membantu memotong es krim yang keras dan beku.

Odo juga menyarankan untuk menggunakan sendok dengan lekukan di dalamnya untuk mengambil es krim bisa memberikan bentuk yang bagus.

4. Jika tidak memiliki alat pembuat es krim di rumah, Odo merekomendasikan untuk menggunakan food processor.

5. Saat membuat es krim dengan susu berbasis susu atau nabati, Odo menyarankan menambahkan minyak zaitun ke dalam campuran. Hal itu dapat membantu membuat rasa es krim bebas susu kurang berair.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA