Kamis 16 Jul 2020 08:00 WIB

Milan Lanjutkan Tren Positif

Juventus dan Lazio kembali terpuruk, Milan lanjutkan tren positif

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Agung Sasongko
Bek AC Milan Alessio Romagnoli (tengah) mencetak gol ke gawang Parma.
Foto: EPA-EFE/MATTEO BAZZI
Bek AC Milan Alessio Romagnoli (tengah) mencetak gol ke gawang Parma.

REPUBLIKA.CO.ID, SASSUOLO -- Juventus dan Lazio sama-sama belum bisa kembali ke jalur kemenangan setelah hanya mampu memetik satu poin dari laga pada pekan ke-33 Serie A, Kamis (16/7) dini hari WIB. Sementara, AC Milan justru mampu melanjutkan tren positif penampilan usai membekap Parma, 3-1, dalam laga yang digelar di Stadion San Siro, Kamis (16/7).

Di laga tersebut, Milan sempat tertinggal lebih dulu lewat gol dari Jasmin Kurtic pada menit ke-44. Namun, pada babak kedua, Milan mampu bangkit dengan keberhasilan mencetak tiga gol sekaligus, yaitu lewat sepakan keras Franck Kessie pada menit ke-55, gol sundulan Alessio Romagnoli pada menit ke-57, dan torehan gol Hakan Calhanoglu pada menit ke-77.

Baca Juga

Dengan hasil ini, I Rossoneri pun mempertahankan rekor tidak pernah kalah sejak Liga Italia kembali bergulir pada akhir bulan lalu. Total, Milan memetik lima kemenangan dan tiga hasil imbang dalam tujuh laga terakhir di pentas Serie A. Torehan rekor impresif ini membawa Milan kian dekat dengan peluang tampil di kompetisi Eropa pada musim depan. 

I Rossoneri berada di peringkat ketujuh, atau posisi terakhir untuk memastikan satu tiket di babak kualifikasi Liga Europa musim depan, dengan raihan 53 poin dari 33 laga. Tim besutan Stefano Pioli itu unggul enam poin dari peringkat kedelapan, yang ditempati Sassuolo. Sementara peringkat keenam dihuni oleh Napoli dengan koleksi poin yang sama dengan Milan, namun kalah head to head. 

I Partenopei dipaksa memetik satu poin di laga pada pekan ke-33 usai ditahan imbang Bologna, 1-1. Padahal, dalam lawatan ke markas Bologna itu, Napoli mampu unggul terlebih dahulu sejak menit ketujuh lewat gol dari torehan Kostas Manolas. Bologna mampu menyamakan kedudukan lewat gol dari Musa Barrow saat laga memasuki menit ke-80. Kegagalan memetik poin penuh di laga ini membuat Napoli kian sulit untuk mendekat ke peringkat keempat klasemen sementara atau kemungkinan tampil di Liga Champions musim depan.

Pasalnya, Napoli telah terpaut 15 poin dari peringkat keempat. Terlebih, di laga lainnya, Roma, yang berada di peringkat kelima, berhasil meraih kemenangan. Il Lupi sukses membungkam Verona, 2-1, lewat gol yang masing-masing dicetak Jordan Veretout dan Edin Dzeko. Sementara gol semata wayang Verona ditorehan oleh Mattea Pessina pada menit ke-44. Dengan tambahan tiga poin ini, Roma makin nyaman di peringkat kelima dengan keunggulan empat poin dari Napoli.

Namun, hasil paling mengejutkan di giornata ke-33 justru diraih oleh dua kandidat peraih gelar Scudetto musim ini, Juventus dan Lazio. Juventus mesti pulang ke Turin dengan kekecewaan usai ditahan imbang Sassuolo, 3-3. Sempat unggul dua gol terlebih dahulu lewat torehan Danilo dan Gonzalo Higuain, Juventus malah tertinggal pada pertengahan babak kedua. 

Tim tuan rumah mampu berbalik unggul lewat torehan gol dari Federico Caputo. Sebelumnya, I Neroverdi sempat menyamakan kedudulan via gol dari Filip Djuriric dan Domenico Berardi. Pada menit ke-64, Si Nyonya Tua berhasil menyamakan kedudukan lewat tandukan Alex Sandro. Namun, hingga laga usai, juara bertahan Serie A itu gagal mencetak gol tambahan.

Atas hasil ini, Si Nyonya Tua pun gagal kembali ke jalur kemenangan setelah dibekap Milan dan ditahan imbang Atalanta di dua laga sebelumnya. Tidak hanya itu, kegagalan memetik poin penuh di laga ini membuat Juventus urung mengantongi keunggulan delapan poin di puncak klasemen sementara. Si Nyonya Tua tercatat masih unggul tujuh poin dari Atalanta, yang berada di peringkat kedua dengan torehan 70 poin dari 33 laga.

Tidak hanya itu, catatan minor juga ditorehkan Lazio. I Biancoceleste ditahan imbang tanpa gol oleh Udinese. Ini menjadi kegagalan Lazio memetik poin penuh di empat laga terakhir secara beruntun, dengan torehan tiga kekalahan dan satu hasil imbang. Dengan kegagalan memetik kemenangan di lawatan ke markas Udinese itu, Lazio juga harus rela turun ke peringkat ketiga klasemen sementara dan tertinggal delapan poin dari posisi teratas klasemen sementara. Padahal, sebelum Serie A musim ini kembali bergulir, Lazio berada di urutan kedua dan hanya terpaut satu poin dari Juventus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement