Saturday, 10 Jumadil Akhir 1442 / 23 January 2021

Saturday, 10 Jumadil Akhir 1442 / 23 January 2021

Alaba Jadi Target Utama City di Bursa Transfer

Selasa 14 Jul 2020 03:05 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Agung Sasongko

David Alaba

David Alaba

Foto: EPA-EFE/LUKAS BARTH
Mendatangkan pemain bertahan menjadi fokus utama Guardiola

REPUBLIKA.CO.ID,  MANCHESTER -- Dengan dibatalkannya sanksi larangan tampil di kompetisi Eropa pada dua musim mendatang, Manchester City akhirnya memiliki posisi tawar yang lebih baik untuk bisa merekrut pemain pada bursa tranfer musim panas mendatang. Bahkan, manajemen City disebut-sebut telah menyiapkan dana transfer sebesar 150 juta euro untuk pelatih Pep Guardiola demi bisa memperkuat tim utama The Citizen.

Seperti dilansir The Guardian, mendatangkan pemain bertahan menjadi fokus utama Guardiola untuk bisa memperbaiki kinerja lini belakang The Citizen. Rapuhnya sektor pertahanan, terutama pasca cedera panjang yang dialami Aymeric Laporte, menjadi salah satu alasan inkonsistensi performa The Citizen pada musim ini, terutama di Liga Primer Inggris.

Akibat cederanya Laporte, Guardiola pun tidak memiliki banyak opsi pemain di lini belakang. Bahkan, Fernandinho, yang berposisi asli sebagai gelandang bertahan, sempat diplot menjadi bek tengah. Atas alasan inilah, City kerap dihubung-hubungkan dengan sejumlah pemain belakang papan atas Eropa di bursa transfer musim panas mendatang.

Baca Juga

Adalah pemain bertahan Bayern Muenchen, David Alaba, yang disebut-sebut menjadi bidikan utama City pada bursa transfer. ''Fleksibilitas posisi bermain Alaba, yang bisa tampil sebagai bek kiri dan bek tengah, menjadi alasan kuat kenapa City begitu berminat mendapatkan pemain bertahan asal Swiss tersebut,'' tulis laporan The Guardian, Senin (14/7) WIB.

Meski berposis asli sebagai bek kiri, Alaba ternyata mampu menjalani peran sebagai bek tengah dengan cukup apik. Hal ini ditunjukan pemain bertahan asal Swiss itu di paruh kedua Bundesliga musim ini, terutama saat Hansi Flick menggantikan Niko Kovac sebagai pelatih Die Bayern pada November silam. Sejak kedatangan Flick, Alaba dipercaya menempati pos bek tengah, posisi yang ditinggalkan Nicklas Sule lantaran mengalami cedera parah.

Hasilnya, Alaba dinilai mampu mengemban tugas barunya itu dengan cukup apik. Sempat absen satu laga lantara mengalami cedera engkel, Alaba tidak pernah absen di setiap laga Muenchen di pentas Bundesliga. Muenchen sukses meraih titel Bundesliga musim ini sekaligus menjadi titel kedelapan tim asal Bavaria itu secara beruntun di kancah Liga Jerman.

Peluang City untuk bisa merekrut Alaba pun cukup besar. Pasalnya, kontrak Alaba bersama Muenchen akan berakhir pada 2021 mendatang. Tidak hanya itu, Guardiola bukanlah pelatih yang asing buat Alaba. Pelatih asal Spanyol itu pernah tiga musim menukangi Muenchen, tepatnya dari 2013 hingga 2016, sebelum akhirnya hijrah ke City.

Selain Alaba, City juga dikabarkan berminat memboyong bek tengah Napoli, Kalidou Koulibaly. Bek tengah berusia 29 tahun itu sempat dikabarkan mulai mempertimbangkan untuk hengkang dari I Partenopei setelah enam musim memperkuat Napoli. Namun, City mesti merogoh kocek dalam-dalam untuk bisa merekrut Koulibaly. Pasalnya, I Partenopei enggan melepas bek asal Senegal itu dengan nilai transfer tidak kurang dari 100 juta euro.

sumber : a
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA

 
 
 

TERPOPULER

Kamis , 01 Jan 1970, 07:00 WIB