Sabtu 04 Jul 2020 01:21 WIB

Pentingnya Anak Belajar Beladiri

Beladiri memberikan manfaat untuk anak.

Rep: Indira Rezkisari/ Red: Muhammad Hafil
Anak berlatih seni beladiri
Foto: a1fitnesscenter
Anak berlatih seni beladiri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beladiri mungkin salah satu seni olah tubuh yang harus dikuasai anak terutama anak laki-laki. Salah satu manfaat beladiri adalah untuk melindungi dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Ingatkan anak jangan pernah menggunakan keahlian beladiri untuk menganiaya teman-temannya. Inilah manfaat dari seni bela diri bagi anak, dikutip dari www.parentsindonesia.com.

Baca Juga

Percaya diri

Seni beladiri menumbuhkan rasa percaya diri. Anak merasa memiliki keahlian yang tidak dimiliki oleh semua orang.

Kemampuan sosial

Disiplin, rasa saling menghormati, sportivitas, dan persaudaraan juga dipupuk dalam proses latihan. Interaksi dengan pelatih dan sesama pemain juga mengasah kemampuan anak berkomunikasi dan bersosialisasi.

Penyendiri

Martial art menjadi pilihan ideal bagi anak yang kurang menyukai olahraga beregu. Sehingga si “penyendiri” tetap punya berkesempatan untuk melakukan aktivitas yang mengombinasikan latihan fisik dan mental.

Konsentrasi

Anak berkebutuhan khusus, seperti anak dengan attention deficit disorder (ADD), kesulitan belajar, dan hiperaktif, kerap disarankan untuk mengikuti latihan martial art karena anak bisa memetik manfaat dari teknik latihan yang terstruktur dan memerlukan konsentrasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement