Jumat 03 Jul 2020 15:46 WIB

Pencuri Kambing Ditangkap Gara-Gara Tinggalkan Motor

Kambing mengembik saat pencuri datang sehingga membangunkan si empunya.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Dwi Murdaningsih
Rombongan kambing, ilustrasi
Rombongan kambing, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, PURBALINGGA -- Nasib apes dialami WH (36), warga Desa Gelang Kecamatan Rakit Kabupaten Banjarnegara. Tidak hanya aksinya mencuri kambing gagal karena diketahui pemiliknya, sepeda motor yang sedianya digunakan untuk mengangkut kambing justru tertinggal di dekat kandang kambing.

Kasus percobaan pencurian hewan ternak ini, terjadi di Desa Gumiwang Kecamatan Kejobong Kabupaten Purbalingga, akhir pekan kemarin. Menjelang dini hari, WH mendatangi kandang kambing Sokana (70), yang tinggal di desa tersebut,

Baca Juga

Sialnya, saat tersangka masuk kandang, beberapa ekor kambing yang ada di dalam kandang justru bersahut-sahutan mengembik. Sokana yang mendengar sudah suara gaduh di kandang kambingnya, akhirnya terbangun dan melihat apa yang terjadi melalui jendela.

''Saat itu, korban melihat ada orang di dalam kandang kambingnya. Saat itu juga, korban berteriak maling-maling sambil berlari ke luar rumah,'' kata Kapolsek Kejobong AKP Suswanto, mewakili Kapolres Purbalingga AKBP M Syafi Maulla, Jumat (3/7).

Mendengar teriakan itu, tersangka langsung mengambil langkah seribu tanpa menghiraukan kambing yang sudah disiapkan akan dicuri. Bahkan sepeda motornya yang diparkir di dekat kandang kambing, juga dia tinggalkan.

Beberapa warga yang terbangun, juga ikut melakukan pengejaran tersangka. Namun upaya pengejaran tidak membuahkan hasil, karena tersangka seperti hilang di kegelapan malam.  Meski demikian, warga berhasil mengamankan sepeda motor yang sebelumnya digunakan tersangka.

Pihak kepolisian yang mendapat laporan kejadian ini, langsung bergerak mencari tersangka. Dengan bekal sepeda motor yang tertinggal di dekat  kandang, polisi berhasil mengidentifikasi tersangka dan melakukan penangkapan. ''Tersangka baru berhasil kami tangkap Kamis (2/7) di rumahnya,'' kata Kapolsek.

Dari hasil pemeriksaan, tersangka diketahui tidak hanya baru kali ini saja mencuri. Bahkan tersangka juga tercatat sebagai residivis kasus pencurian kendaraan bermotor di Banjarnegara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement