Tuesday, 16 Zulqaidah 1441 / 07 July 2020

Tuesday, 16 Zulqaidah 1441 / 07 July 2020

Dasco Sebut Sarana Pencegahan Covid-19 di DPR Belum Memadai

Rabu 01 Jul 2020 00:15 WIB

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Indira Rezkisari

Gedung DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. Protokol kesehatan di Gedung DPR/MPR harus dipatuhi sebagai pencegahan Covid-19.

Gedung DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. Protokol kesehatan di Gedung DPR/MPR harus dipatuhi sebagai pencegahan Covid-19.

Foto: Antara/M Agung Rajasa
Sarana seperti lift di DPR belum diatur sesuai protokol Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, akan segera mengevaluasi protokol pencegahan Covid-19 di Kompleks Parlemen. Tetapi ia tak menampik, jika sarana dan prasarana pencegahan di sana masih kurang memadai.

"Kegiatan fisik itu hanya 60 persen, namun memang sarana dan prasarana di DPR ini memang kurang memadai," ujar Dasco di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (30/6).

Salah satunya sarana yang kurang memadai, disebutnya ada di lift untuk menuju lantai fraksi. Menurutnya, di sana merupakan titik banyak orang yang berlalu-lalang.

"Jalannya kadang berseliweran. Itu kurang maksimal, nanti kita maksimalkan penularan itu tidak bisa, kemudian dihindarkan," ujar Dasco.

Ia mengungkapkan  memang ada 10 orang yang dinyatakan reaktif. Ia mengatakan, pihaknya akan menggelar swab test untuk menindaklanjuti laporan tersebut.

"10 itu reaktif masih akan kita swab lagi, karena kita susah. Waktu itu kan kita sudah persiapkan sebenarnya, belum rapid sendiri," ujar Dasco.

Untuk itu, mengusulkan adanya evaluasi terkait protokol pencegahan Covid-19 di Kompleks Parlemen. Agar penularan virus tersebut tak meluas di lingkungan DPR.

"Protokol Covid-19 harus lebih ditingkatkan dan kita pikir dengan adanya hal seperti ini, mungkin kegiatan fisik akan kita turunkan dari 60 persen menjadi 50 persen," ujar Dasco.

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi VII DPR Alex Noerdin mengatakan, terdapat 10 orang yang dinyatakan positif Covid-19 di Kompleks Parlemen. Hal tersebut disampaikannya di sela rapat dengar pendapat dengan PT Pertamina (Persero).

"Baru didapat kabar lima menit yang lalu di lantai atas, saya tidak sebut lantai berapa, 10 orang ditemukan positif (Covid-19)," ujar Alex di ruang rapat Komisi VII, Komplek Parlemen, Jakarta, Senin (29/6).

Tak lupa ia mengingatkan agar orang-orang yang berada di Kompleks Parlemen untuk menerapkan protokol kesehatan. Beberapa di antaranya seperti memakai masker, cuci tangan, dan menerapkan jaga jarak.

"Bapak ibu sekalian pengumuman penting patuhi protokol kesehatan, jadi tolong patuhi prokol kesehatan," ujar Alex.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA