Selasa 30 Jun 2020 15:43 WIB

Google Photos Matikan Fitur Backup Folder Media Sosial

Google Photos ingin menghemat space dan daya internet.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Google Photos. Ilustrasi
Foto: CNN
Google Photos. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA -- Google Photos tidak akan mencadangkan gambar dan video yang disimpan di folder dari aplikasi media sosial secara default. Sebelumnya platform Google Photos akan secara otomatis mengunggah semua gambar yang disimpan ke perangkat Android atau iOS pengguna, termasuk file yang disimpan dalam folder aplikasi, seperti Facebook, Instagram dan WhatsApp.

Seperti yang dilansir dari The Verge, Selasa (30/6), Google mengatakan fitur itu dimatikan. Pengguna harus mengaktifkannya untuk aplikasi tertentu atau menjalankan pencadangan manual pada folder tertentu.

Baca Juga

Google mengutip lonjakan berbagi gambar yang terjadi sejak awal pandemi Covid-19. Orang-orang berbagi lebih banyak foto dan video karena Covid-19.

"Untuk menghemat sumber daya internet, cadangan dan sinkronisasi telah dimatikan untuk folder perangkat yang dibuat oleh aplikasi pengiriman pesan, seperti WhatsApp, Messages dan Kik. Anda dapat mengubahnya kapan saja dalam pengaturan,” kata perusahaan melalui support page yang merinci perubahan tersebut.

Google menekankan foto apa pun yang telah dicadangkan dan diatur melalui aplikasi media sosial tidak terpengaruh oleh perubahan tersebut. Pengguna masih dapat membuka folder individual di dalam aplikasi Google Photos dan membuka fitur 'pencadangan dan sinkronisasi'.

Selain itu, Google memiliki panduan praktis untuk menemukan gambar dan video terkait media sosial yang ada di Google Photos, menjalankan pencadangan manual batch dan mengaktifkan fitur pencadangan otomatis. Beberapa platform yang terpengaruh di antaranya, termasuk aplikasi Facebook dan turunannya, default Messages client di Android, Snapchat dan Twitter.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement