Wednesday, 17 Syawwal 1443 / 18 May 2022

Hotel dan Restoran di Aceh Buka dengan Protokol Kesehatan

Jumat 26 Jun 2020 10:20 WIB

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih

Hotel dan restoran di Aceh sudah mulai beroperasi dengan menerapkan protokol kesehatan. Ilustrasi.

Hotel dan restoran di Aceh sudah mulai beroperasi dengan menerapkan protokol kesehatan. Ilustrasi.

Foto: Antara/Fikri Yusuf
Tamu hotel di Aceh diminta memperlihatkan surat bebas Covid-19

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH - Hotel dan restoran di Aceh sudah mulai beroperasi dengan menerapkan protokol kesehatan normal baru guna mencegah penularan Covid-19. Pernyataan ini diungkapkan Sekretaris Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Aceh Octowandi.

"Sejak hotel dan restoran diperbolehkan beroperasi mulai 1 Juni 2020, kami sudah sampaikan untuk menerapkan protokol kesehatan normal baru," katanya di Banda Aceh, Kamis.

Baca Juga

Octowandi menyebutkan protokol kesehatan normal baru yang diterapkan tersebut di antaranya pemakaian masker baik karyawan hotel dan restoran maupun semua tamu. Hotel dan restoran maupun usaha penginapan serta lainnya juga menyediakan tempat cuci tangan dan hand sanitizer.

"Hal terpenting dalam penerapan protokol kesehatan tersebut adalah menjaga jarak dan ini sudah kami sampaikan kepada semua pengelolaan hotel dan restoran," kata Octowandi.

Tamu hotel khusus dari Aceh, kata Octowandi, juga diminta memperlihatkan surat sehat dari instansi terkait. Sedangkan tamu luar Aceh, terutama dari zona merah wajib menyertakan surat bebas Covid-19.

Karena itu, Octowandi mengajak pengelola perhotelan dan restoran di Aceh benar-benar menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19. "Jika tidak, tentu upaya pemerintah memutuskan mata rantai penularan virus corona menjadi tidak efektif. Sebab itu, pencegahan penularan Covid-19 harus melibatkan partisipasi semuanya," kata Octowandi.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA