Selasa 09 Jun 2020 07:45 WIB

Mahasiswa Sekolah Vokasi IPB  Juara Lomba Business Plan

Mereka mengolah ikan baronang menjadi ikan baronang bumbu dikemas vakum.

Tim Mahasiswa Sekolah Vokasi IPB University Boyong Best Presentation dalam National Business Plan Competition 2020.
Foto: Dok IPB University
Tim Mahasiswa Sekolah Vokasi IPB University Boyong Best Presentation dalam National Business Plan Competition 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Tim mahasiswa Sekolah Vokasi IPB University berhasil meraih Best Presentation di National Business Plan Competition 2020, Universitas Negeri Yogyakarta, (5-6/6).

Tim yang terdiri dari Mella Aprilia (Program Studi Teknologi Produksi dan Manajemen Perikanan Budidaya), Olive Afifah Azzahra (Program Studi Suvervisor Jaminan Mutu Pangan) dan Sophie Muhibatul Anwar (Program Studi Manajemen Industri) ini berhasil mengalahkan 21 tim lainnya dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Dengan judul presentasi "Boosting, Ikan Baronang Cegah Stunting", Mella mengatakan bahwa lomba ini berkaitan tentang bisnis di bidang pengolahan pangan. Menurutnya, dalam lomba Business Plan ini timnya mengolah ikan baronang menjadi ikan baronang bumbu yang dikemas vakum untuk menambah nilai jual, umur simpan dan memudahkan dalam proses distribusi.

“Kami sangat senang dan lomba ini sangat menantang karena seharusnya perlombaan ini dilaksanakan secara offline di UNY namun karena adanya pandemi perlombaan ini dilaksanakan secara online. Ini merupakan pengalaman baru bagi kami karena harus mempersiapkan segala hal dari jarak jauh, latihan dilakukan secara online bahkan presentasi pun harus secara online," ujarnya dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Ia menambahkan, "Banyak ketakutan yang kita rasakan seperti latihan yang kurang maksimal karena tidak tatap muka langsung maupun ketakutan kalau sinyal tidak mendukung. Namun, semua itu menjadi pengalaman baru yang sangat berharga dan menyenangkan. Dari situ kita belajar bahwa kita tetap mampu berkarya di tengah kondisi yang sulit saat ini." 

Meutia berharap produk Boosting ini dapat direalisasikan menjadi sebuah bisnis yang  prospektif, serta memberi manfaat bagi orang banyak. “Selain itu, kita juga berharap mampu menjuarai perlombaan business plan lainnya untuk menambah pengalaman dan kapasitas diri,” imbuhnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement