Kamis 04 Jun 2020 08:28 WIB

Australia Gunakan VW Tiguan Sebagai Ambulan

VW pun dipilih untuk menjadi kendaraan Kepolisian Victoria. 

Rep: Eric Iskandarsjah/ Red: Dwi Murdaningsih
Logo Volkswagen (VW)
Foto: AP Photo
Logo Volkswagen (VW)

REPUBLIKA.CO.ID, ADELAIDE -- Kendaraan ambulan merupakan kendaraan yang dituntut untuk tangguh, fungsional dan aman. Oleh karena itu, tim medis memerlukan sebuah ambulan yang berbasis dari kendaraan yang telah teruji soal performanya.

Di Australia, pilihan untuk kendaraan ambulan kali ini jatuh pada Volkswagen (VW) Tiguan. Dilansir dari Car Advice pada Kamis (4/6), mobil crossover ini resmi dijadikan kendaraan ambulan oleh layanan kesehatan di Australia Selatan.

Baca Juga

Tiguan yang digunakan ini adalah Tiguan dengan spesifikasi khusus dalam trim Proline. Basis yang digunakan adalah Tiguan Comfortline dengan sejumlah ubahan. Salah satu ubahanya adalah dengan melepas bangku baris ketiga untuk dijadikan bagasi yang menampung peralatan medis.

Total, ada 12 unit Tiguan yang digunakan oleh The South Australian Ambulance Service (SAAS). Kendaraan ini digunakan sebagai layanan sprint vehicle oleh paramedis tunggal.

Artinya, mobil ini hanya digunakan untuk mengakomodasi satu tenaga medis. Dalam kondisi darurat, sprint vehicle ini akan secara sigap melakukan pertolongan pertama kepada pasien di lokasi kejadian. Pertolongan ini pun diharapkan dapat menjadi pertolongan yang sangat berperan dalam menyelamatkan nyawa sembari menunggu mobil ambulan reguler datang untuk membawa pasien ke rumah sakit.

CEO SAAS, David Place mengatakan, model layanan ini adalah model layanan yang cepat dan efektif terutama saat terdapat kondisi darurat yang bersamaan di lokasi yang berbeda. "Saat sudah selesai melakukan perawatan pada satu pasien, maka tim dengan sprint vehicle dapat segera melakukan tindakan darurat di tempat lain," kata David.

Tiguan dipilih karena dinilai andal, aman, mutakhir dan ditawarkan dalam harga yang pas. Performa itu pun didukung oleh mesin bensin 2 liter turbo dengan output 162 kW. Kemampuan itu pun didukung dengan fitur penggerak empat roda 4Motion yang membuat ambulan ini siap untuk memberikan layanan dalam segala medan.

Selain Tiguan, VW pun dipilih untuk menjadi kendaraan Kepolisian Victoria. Kendaraan yang digunakan oleh kepolisian itu adalah VW Passat Proline 132TSI dan Passat Proline Wagon 206TSI.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement