Friday, 19 Zulqaidah 1441 / 10 July 2020

Friday, 19 Zulqaidah 1441 / 10 July 2020

5 Makanan yang Selama Ini Dimakan Secara Keliru

Rabu 03 Jun 2020 12:30 WIB

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Qommarria Rostanti

Sayur brokoli.

Sayur brokoli.

Foto: Flickr
Sebaiknya ubah kebiasaan menyantap brokoli yang digoreng.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Makanan bergizi merupakan kunci utama untuk menjalani hidup sehat. Jika jarang mengonsumsi makanan sehat, tubuh akan rentan terkena penyakit.

Selain cara mengonsumsi, cara memakannya juga perlu diperhatikan. Banyak orang yang makan makanan bergizi dengan cara keliru sehingga kandungan nutrisi yang didapat tidak maksimal.

Apa saja ya makanan sehat yang sering dimakan dengan cara yang salah? Yuk simak apa yang dilansir di Pinkvilla baru-baru ini.

1. Biji rami
Biji rami merupakan makanan utama dan harus ada jika kamu sedang menjalani program diet. Biji rami mengandung nutrisi penting, seperti serat, omega-3, lignan, dan fitonutrien. Namun, tubuh tidak dapat mencerna ketika biji rami dimakan utuh. Hancurkan terlebih dahulu biji rami sebelum dimakan supaya kamu tidak kehilangan nutrisi yang ada di dalamnya.

2. Kiwi
Apakah kamu mengupas kiwi sebelum makan? Nah, mulai sekarang jangan lagi ya. Sebab, kulit kiwi mengandung nutrisi yang tinggi termasuk folat dan vitamin E. Jika kamu mengonsumsi buah kiwi bersamaan dengan kulitnya, kandungan vitamin E dan folat akan meningkatkan sekitar 30 hingga 50 persen.

3. Tomat
Banyak orang yang lebih menyukai menyantap tomat dalam kondisi mentah. Namun, itu cara itu kurang tepat. Sebaiknya tomat dimasak terlebih dahulu agar kandungan nutrisi seperti likopen tidak hilang. Likopen berfungsi melindungi tubuh dari tumor dan penyakit jantung.

4. Brokoli
Menyantap brokoli dengan cara digoreng sebaiknya harus dihentikan. Jika kamu merebus atau menggoreng, kandungan vitamin C, klorofil, antioksidan, dan senyawa antikanker akan hilang. Jadi, lebih baik memasak brokoli dengan cara dikukus atau bahkan dimakan mentah.

5. Bawang putih
Bawang putih mengandung senyawa seperti alisin yang baik untuk tubuh. Alisin akan meningkat takarannya jika terpapar di udara. Oleh karena itu, setelah dipotong, bawang putih dibiarkan setidaknya selama 10 menit kemudian baru gunakan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA