Rabu 27 May 2020 22:22 WIB

Rekor Gol Milik Klose

Puncak daftar pencetak gol terbanyak Piala Dunia digenggam Miroslav Klose.

Miroslav Klose melakukan selebrasi usai mencetak gol kali ke-15 di Piala Dunia
Foto: FIFA
Miroslav Klose melakukan selebrasi usai mencetak gol kali ke-15 di Piala Dunia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Puncak daftar pencetak gol terbanyak Piala Dunia digenggam striker asal Jerman, Miroslav Klose dengan torehan 16 gol. Sebelumnya, pencetak gol terbanyak Piala Dunia dipegang legendaBrasil, Ronaldo.

“Siapa pun yang mengenal saya, pasti tahu bahwa rekor mencetak gol di Piala Dunia merupakan target penting bagi saya sejak lama," ujar Miroslav Klose sebelum Piala Dunia 2014 dimulai. Rabu (9/7) dini hari WIB, apa yang diimpikan striker timnas Jerman itu terwujud. 

Sebelumnya, striker berusia 36 tahun itu berhasil menyamai torehan 15 Ronaldo kala Jerman bermain imbang, 2-2, dengan Ghana pada fase penyisihan. Tak puas hanya berbagi tempat bersama striker legendaris Brasil itu, Klose menambah satu gol lagi saat membantu Der Panzer membantai Brasil pada babak semifinal yang digelar di Estadio Mineirao, Belo Horizonte, Rabu.

Gol Klose pada menit ke-23 berawal dari kerja sama api dengan Thomas Mueller. Meski tendangan pertamanya sempat ditepis, bola muntah yang kembali jatuh ke kakinya berhasil dimanfaatkannya dengan sempurna.

Akan tetapi, ada yang menarik dari penyerang yang membela Lazio itu sesaat setelah mencetak gol. Tak seperti biasanya, ia tidak melakukan selebrasi khasnya dengan melakukan salto seperti yang biasa ia lakukan setelah mencetak gol. "Saya tidak melakukan salto (usai mencetak gol) karena seseorang menendang kaki saya ketika saya melakukan tembakan sebelumnya," ujarnya kepada ZDF.

Klose juga mensyukuri keberhasilan timnya meraih kemenangan telak dengan skor 7-1. Ia menilai gol cepat melalui bola mati adalah faktor penting untuk mencapai hal tersebut. "Kami menjalani awal yang luar biasa. Sungguh penting set piece bisa bekerja. Anda dapat melihat hal itu lagi hari ini ketika kami mencetak gol pertama. Toni Kroos mengumpan bola dengan luar biasa. Itu adalah kemampuan yang istimewa," puji Klose.

Legenda sepak bola Brasil, Ronaldo, sudah punya firasat kalau rekornya ini cepat atau lambat pasti akan dipecahkan. "Sangatlah menyenangkan bisa mempertahankan rekor dalam waktu cukup lama. Tapi, saya senang jika ada seseorang yang ingin mematahkannya," ucap Ronaldo seperti dilansir TheFA.

Ronaldo sendiri mengaku sedih. Bukan karena rekornya dipecahkan Klose, melainkan karena gol yang diciptakan eks striker Bayern Muenchen itu merupaka satu dari tujuh gol yang memorak-porandakan negaranya pada laga semifinal. "Saya akan senang apabila Klose berhasil mencapai rekor tersebut, namun tidak ke gawang Brasil," ujar mantan penyerang berjuluk Il Phenomenon itu.

Catatan gol Klose dimulai pada Piala Dunia 2002 saat ia mencetak lima gol. Ia kemudian kembali mencetak lima gol saat Piala Dunia digelar di Jerman, empat tahun kemudian. Penyerang yang pernah bermain di Werder Bremen dan Kaiserslautern itu kembali menambah keran golnya dengan mencetak empat gol di Piala Dunia Afrika Selatan. Terakhir, ia sejauh ini mencetak dua gol di Piala Dunia Brasil.

sumber : Rekor
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement