Saturday, 7 Syawwal 1441 / 30 May 2020

Saturday, 7 Syawwal 1441 / 30 May 2020

Bermula Hobi, Alumni UBSI Jadi Wirausahawan Sukses

Kamis 21 May 2020 09:04 WIB

Red: Irwan Kelana

Salah satu kegiatan usaha Glowing Travel milik Riska, Aaumni kampus UBSI Purwokerto.

Salah satu kegiatan usaha Glowing Travel milik Riska, Aaumni kampus UBSI Purwokerto.

Foto: Dok UBSI
Jangan pernah takut untuk memulai, jangan pernah takut untuk gagal.

REPUBLIKA.CO.ID, PUWOKERTO -- Riska P Siswiyantyas, alumni kampus Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Purwokerto sukses menggeluti usahannya yang berawal dari hobinya sejak dulu. 

Riska menjelaskan,  usahanya yang kini  dikenal dengan nama CV Glowing Abadi berawal dari hobi nya yakni travelling. Bermula dari hobi tersebut Riska merintis usahanya mulai dari travel dan tour hingga kini berkembang dengan tambahan Glowing Sofabeds dan Glowing Minimarket.

Wanita yang dilahirkan dan dibesarkan dari keluarga yang hampir semua anggota keluarganya adalah wirausahawan juga mengungkapkan bahwa melihat keluarganya yang lain berwirausaha menjadikan semangat berwirausahanya semakin kuat.

“Berawal dari mendapatkan tiket gratis untuk jalan-jalan keluar negeri dari salah satu MLM yang pernah saya tekuni pada waktu itu. Dari situlah muncul inspirasi untuk membuat konsep sendiri bagaimana caranya bisa membawa peserta jalan-jalan keluar negeri dengan biaya yang terjangkau,” kata Riska mengungkapkan asal mula ia terinspirasi memulai usahanya.

Ia menambahkan pada awalnya, ia mengerjakan segala sesuatu sendiri. Jadi owner sekaligus tour leader yang mengantar para peserta. Tapi kini ia  bisa mengembangkan usahanya  ke ranah yang lain yang saya beri nama Glowing Sofabeds dan Glowing Minimarket.

“Saya bersyukur, berkat usaha yang awalnya saya ristis sendiri kini saya bisa memiliki karyawan yang membantu usaha saya sekarang. Dan omzet yang saya dapat per bulan dari tour and travel  Rp 20-150 juta, sofabeds Rp 20–50 juta, sedangkan untuk mini market yang baru dibuka jadi belum bisa mengetahui berapa omzetnya,”  jelas Riska dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

photo
Salah satu kegiatan usaha Glowing Travel milik Riska, alumni kampus UBSI Purwokerto. - (Dok UBSI)

Ia mengungkapkan,  usahanya kini juga sudah mendapat dukungan dari Dinas Pariwisata Banyumas.

Dengan usaha yang terus berkembang, Riska mengaku bahwa usaha yang ia bangun bukan tanpa hambatan, terlebih lagi dengan adanya persaingan travel and tour yang ditawarkan secara daring melalui aplikasi yang dibangun oleh startup-startup yang ada di Indonesia.

“Saya benar-benar menjalankan usaha ini dari nol, belajar otodidak, dan menjalaninya dengan ‘passion’. Bagi saya, usaha ini bukan semata-mata karena sebuah ‘profite oriented’, namun bagi saya pribadi mengantarkan para peserta untuk travelling adalah sukacita tersendiri buat saya," tambahnya.

Riska melanjutkan untuk mengembangkan usahanya agar maju dan tetap bertahan di antaranya adalah menjaga pelayanan, berinovasi dengan membuat paket-paket promo tour internasional, terus berusaha berbeda dengan yang lainya serta melakukan yang terbaik. 

“Membangun ketahanan diri sendiri lebih dahulu, pebisnis berani ambil resiko, selalu belajar dari setiap kejadian, tidak mudah putus asa, membuka diri untuk menjalin banyak relasi. Jadi untuk yang ingin berwirausaha, pastikan kenali diri sendiri lebih dahulu, kerjakan usaha itu dengan ‘heart and passion’, jangan pernah takut untuk memulai, jangan pernah takut untuk gagal,” ungkap Riska.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA