Wednesday, 4 Syawwal 1441 / 27 May 2020

Wednesday, 4 Syawwal 1441 / 27 May 2020

Kiat Meracik Sambal Blender yang tak Kalah Enak

Ahad 24 May 2020 06:12 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari

Sambal adalah pendamping hidangan yang kerap wajib hadir di meja makan.

Sambal adalah pendamping hidangan yang kerap wajib hadir di meja makan.

Foto: dok Republika
Panaskan sebentar sambal blender agar minyaknya keluar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi lidah Indonesia, apalah rasanya makan tanpa sambal. Pendamping hidangan yang satu ini juga wajib terhidang menemani makanan Lebaran.

Jika mengulek sambal dipandang merepotkan mengolah sambal dengan blender selalu bisa jadi pilihan. Masalahnya banyak yang suka merasa sambal blender tidak senikmat sambal ulek.

Chef Yuda Bustara dalam wawancara beberapa waktu lalu mengatakan sebenarnya tidak terlalu ada perbedaan antara mengulek dan memblender sambal.  Pengalaman membawa hidangan Indonesia ke luar negeri membuat juru masak ini menekankan, sambal tanpa ulekan pun sama enaknya dengan menggunakan tempahan batu. Tapi memang perlu trik tertentu agar menghasilkan rasa yang serupa.

"Kalau diulek itu memang memanaskan karena ada minyaknya, kalau misalkan diblender juga bisa menghasilkan yang sama," ujar dia.

Sambal yang telah diblender perlu dipanaskan sebentar agar mengeluarkan minyak yang biasanya didapatkan dari hasil ulekan. Cukup tumis hingga busa hasil sambal diblender menghilang, maka sambal sudah siap untuk disantap dengan rasa yang tidak kalah dengan hasil ulekan.

Untuk komposisi sambal pun tidak ada perbedaan dalam proses membuat baik memblender atau pun mengulek. Penambahan bahan tergantung dari jenis sambal yang ingin dibuat dan ingin menonjolkan bahan tertentu dari sambal tersebut.


Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA