Resep Matcha Cake, Pencuci Mulut Sehat Nan Lezat

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda

 Senin 11 May 2020 16:42 WIB

Matcha cake dengan olesan krim dan buah di bagian tengahnya. Foto: Lifeforstock Matcha cake dengan olesan krim dan buah di bagian tengahnya.

Matcha cake yang lezat bisa dibuat tanpa memakai gula pasir.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pencuci mulut biasanya identik dengan makanan manis yang berkalori cukup tinggi. Oleh karena itu, pencuci mulut dianggap kurang baik bagi kesehatan dan harus dihindari bila sedang menurunkan berat badan.

Padahal, sedikit modifikasi pada resep dapat membuat pencuci mulut menjadi lebih sehat. Penggantian beberapa jenis bahan dengan opsi yang lebih sehat dapat menurunkan kandungan gula dan kalori di dalam sajian pencuci mulut, termasuk untuk hidangan saat Ramadhan.

Salah satu resep pencuci mulut yang sehat dan aman dikonsumsi saat berdiet adalah matcha cake. Berikut ini adalah resep matcha cake tanpa gula pasir seperti dilansir Times Now News.

Bahan-bahan:
200 gram mentega
3 butir telur besar
2 sdt baking powder
1/4 cangkir bubuk matcha
1 cangkir bubuk jaggery (gula Myanmar yang mirip gula Jawa)
1 cangkir tepung, bisa tepung biasa, tepung almond atau tepung lain sesuai selera
2 sdt tepung jagung
1/4 cangkir air putih

Cara pembuatan:
1. Panaskan oven dalam suhu 350 derajat Fahrenheit (177 derajat Celcius).

2. Oleskan mentega atau minyak pada cetakan kue, simpan.

3. Campurkan mentega dan bubuk jaggery di dalam wadah, aduk hingga teksturnya menjadi sedikit fluffy.

4. Masukkan telur ke dalam adonan mentega dan bubuk jaggery, aduk kembali hingga rata. Tambahkan bahan-bahan kering seperti tepung, tepung jagung, baking powder dan bubuk matcha. Aduk kembali hingga rata. Tambahkan sedikit air hingga adonan mencapai konsistensi yang lebih lembut.

5. Pastikan adonan memiliki konsistensi ribbon stage atau tahap kental berjejak.

6. Tuangkan adonan ke dalam cetakan kue, panggang selama 15-17 menit di dalam oven. Pastikan kue matang dengan menusukkan tusuk gigi ke dalam kue. Kue matang sempurna bila tidak ada adonan yang menempel pada tusuk gigi.

7. Sebagai tambahan untuk frosting, campurkan krim dan gula lalu aduk hingga menjadi fluffy. Potong kue secara horizontal hingga menjadi dua bagian. Oleskan krim ini dibagian tengah kue.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X