Resep Telur Orak-Arik Fluffy tanpa Mentega dan Susu

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda

 Kamis 07 May 2020 15:28 WIB

Telur orak-arik yang fluffy bisa didapatkan tanpa perlu menambahkan mentega dan susu. Foto: Flickr Telur orak-arik yang fluffy bisa didapatkan tanpa perlu menambahkan mentega dan susu.

Biasanya untuk membuat telur orak-arik yang fluffy diperlukan mentega dan susu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Telur orak-arik akan lebih mengembang dan lembut (fluffy) ketika dibuat dengan menambahkan mentega dan susu pada kocokan telur. Akan tetapi, penambahan mentega dan susu dalam sajian telur mungkin terlalu berlemak untuk orang-orang yang sedang berdiet.

Penambahan mentega, susu, dan minyak ini tentu membuat sajian telur orak-arik mememiliki kalori yang padat. Apalagi, telur perlu digoreng untuk menjadi fluffy. Alhasil, sajian dalam porsi kecil saja bisa memiliki kalori yang cukup tinggi.

Seorang pelatih kebugaran Matt Hampton membagikan resep untuk membuat telur orak-arik yang fluffy dan ringan. Resep yang dia tunjukkan ini tidak menggunakan mentega, susu, dan bahkan tanpa minyak, sehingga aman untuk orang-orang yang berdiet.

Baca Juga

Tak heran bila resep yang dia bagikan melalui platform TikTok ini menjadi viral dalam waktu singkat. Cara membuat telur orak-arik fluffy ala Hampton ini terbilang sangat sederhana. Bahan yang diperlukan hanyalah dua butir telur dan air putih.

Langkah pertama, rebus air hingga mendidih dan aduk air mendidih tersebut hingga membentuk "arus" yang berputar. Setelah itu, tuang telur yang sudah dikocok merata ke dalam air mendidih tersebut dan biarkan hingga matang.

Setelah matang, tiriskan telur dari air lalu sajikan. Telur orak-arik fluffy ala Hampton ini bisa disantap dengan berbagai cara. Salah satunya dengan menjadikan telur tersebut sebagai isian sandwich.

Sebagian orang menganggap resep ini bukanlah resep untuk membuat telur orak-arik, tetapi membuat telur rebus dengan bentuk "berantakan". Terlepas dari itu, banyak orang yang menilai resep telur buatan Hampton ini dapat menjadi alternatif yang baik untuk menyantap telur lezat tanpa harus menambah banyak kalori.

"Saya harus mengakui, itu benar-benar lezat," ungkap seorang pengguna TikTok, seperti dilansir The Sun.

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X