Jumat 08 May 2020 08:23 WIB

Cristiano Ronaldo Sudah Jenius di Sepak Bola Sejak Remaja

Louis Saha memuji kepiawaian, kerja keras, dan intelejensi Ronaldo dalam bermain bola

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Israr Itah
Cristiano Ronaldo
Foto: REUTERS/Carl Recine
Cristiano Ronaldo

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Mantan pemain Manchester United, Loius Saha menilai Cristiano Ronaldo sosok pemain jenius. Saha yang bergabung dengan MU pada Januari setelah kedatangan Ronaldo pada musim panas 2003, menilai bakat pemain besar sudah tampak pada CR7 sejak masih berseragam Sporting Lisbon.

Pelatih MU saat itu, Sir Alex Ferguson, memboyong Ronaldo ke Old Trafford saat usianya masih 18 tahun. Ferguson kemudian memoles bakat luar biasanya menjadi pemain sayap yang gesit. Dia juga rajin mencetak gol dan selama bertahun-tahun hingga bertransformasi menjadi penyerang tajam. Sampai sekarang, Ronaldo tak kehilangan sentuhan terbaiknya di lapangan meski berpindah klub.

Baca Juga

“Sepanjang kariernya, Anda melihat dedikasi yang sama yang ia miliki ketika berusia 18 tahun,” kata Saha, dilansir dari Goal, Jumat (8/5).

Menurut Saha, untuk memiliki kepercayaan diri, Ronaldo berlatih dengan keras dan konsisten. Ia tak peduli dengan perkataan orang lain. Saha juga melihat Ronaldo sudah mampu menganalisis apa yang harus dilakukan menjadi pemain terbaik ketika usianya masih muda.

Maka dari itu tak heran jika hingga saat ini ia tumbuh dan berhasil mempertahankan performa terbaiknya. Sebab itu juga, Saha menegaskan pemain asal Portugal tersebut adalah pemain jenius. Tak semua pemain bisa melakukan apa yang dilakukan oleh Ronaldo.

“Untuk memiliki visi untuk melihat sesuatu yang lebih jauh, ketika Anda sudah berada di United, di usianya, itu sangat sulit. Dia berhasil melakukan itu dan itulah sebabnya saya sangat menghormatinya," ujarnya.

Saha mengenang perkataan Ronaldo. Meskipun usia dia lebih muda, namun cukup melekat pada diri Saha. Ronaldo pernah meminta Saha agar lebih banyak tersenyum ketika bermain. Saat itu, Saha sempat terkejut karena permintaan itu keluar dari pemain yang lebih muda. Namun ia mengakui apa yang dikatakan Ronaldo benar.

"Kekuatan dan kecepatannya, keterampilan adalah satu hal yang penting dalam karier. Tetapi menganalisis kapan melakukannya, waktu dan ketepatannya, tidak ada yang bisa melakukan itu," Saha menambahkan.

Ronaldo menghabiskan enam tahun bersama Setan Merah sebelum hijrah ke Real  Madrid. Ronaldo mencetak 118 gol selama membela MU dalam 292 penampilannya. Tiga gelar Liga Inggris, satu Liga Champions dan trofi Ballon d’Or pertamanya diraihnya saat berseragam MU. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement