Rabu 06 May 2020 15:38 WIB

Audi Q4 e-tron Disiapkan Jadi EV Paling Murah dari Audi

Rencananya, Audi Q4 e-tron 2021 akan mulai dipasarkan tahun depan.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Audi Q4 e-tron
Foto: audi
Audi Q4 e-tron

REPUBLIKA.CO.ID, BAVARIA -- Volkswagen Group nampaknya jadi salah satu konglomerasi otomotif yang paling agresif untuk menyambut kehadiran mobil listrik atau electric vehicle (EV). Selain lewat brand Volkswagen, Audi yang juga merupakan salah satu anak perusahaan Volkswagen Group pun disiapkan untuk memberikan penetrasi pasar mobil listrik.

Dilansir dari Car and Driver pada Rabu (6/4), Audi rencananya juga akan menghadirkan EV dengan harga miring lewat produk Audi Q4 e-tron 2021. Produk itu dapat dihadirkan dengan harga yang kompetitif karena dibangun dalam platform modular electric drive matrix (MEB) yang dikembangkan oleh Volkwagen Group.

Baca Juga

Mobil EV crossover ini pun akan jadi produk pertama Audi yang menggunakan platform itu. Dengan demikian, maka produk itu pun dapat jadi produk EV dari Audi yang ditawarkan dengan harga yang paling murah.

Saat ini, Audi telah menghadirkan tiga produk EV. Tahun lalu, pabrikan Jerman itu pun memperkenalkan konsep Audi Q4 e-tron dan akan jadi produk EV keempat dari Audi. Karena mobil tersebut merupakan mobil Audi pertama yang menggunakan MEB, maka mobil ini pun akan hadir dengan pengisian baterai yang lebih cepat dan daya jelajah yang lebih jauh.

Rencananya, Audi Q4 e-tron 2021 akan mulai dipasarkan tahun depan. Produk yang hadir dengan Bahasa desain khas Audi ini diperkirakan akan dipasarkan dengan harga sekitar 45 ribu dolar AS. Artinya, harga Audi Q4 e-tron 2021 lebih murah sekitar 30 ribu dolar AS disbanding harga EV yang telah dipasarkan oleh Audi saat ini.

Harga produk EV dibawah naungan Volkswagen Group dapat ditekan berkat penggunaan plarform yang seragam. Mengingat, MEB disiapkan untuk digunakan oleh empat brand sekaligus lewat 27 produk EV. Tak heran, strategi ini pun membuat biaya produksi dapat ditekan secara signifikan.

MEB sendiri merupakan platform powertrain yang dibekali dengan baterai 82 kWh lithium-ion dan menghasilkan tenaga sekitar 300 daya kuda. Artinya, meski produk yang menggunakan platform ini hadir dengan harga murah namun tetap hadir dengan performa yang mumpuni.

Volkswagen Group memang sedang berupaya untuk menyajikan EV murah. Upaya ini dilakukan demi dapat memperluas cakupan pasar EV. Sehingga, akan semakin banyak masyarakat yang menggunakan EV. Keempat brand yang akan menghadirkan EV murah dengan bekal MEB adalah Audi, Seat, Skoda dan Volkswagen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement