Tips Mudah Bangun Sahur

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Ani Nursalikah

 Senin 04 May 2020 17:49 WIB

Tips Mudah Bangun Sahur. Ilustrasi Sahur Foto: Mgrol101 Tips Mudah Bangun Sahur. Ilustrasi Sahur

Godaan untuk melanjutkan tidur kadang membuat sahur terlewat.

REPUBLIKA.CO.ID, DUBAI -- Sahur merupakan sunnah di bulan Ramadhan. Sahur bermanfaat untuk mengisi nutrisi dan tenaga yang akan digunakan tubuh hingga waktu berbuka nanti.

Baca Juga

Namun, bagi sebagian orang, bangun untuk sahur bukanlah hal yang mudah. Godaan untuk melanjutkan tidur kadang membuat sahur terlewat. Berikut ini tips agar Anda bisa bangun sahur sebagaimana dilansir dari Gulf News, Senin (4/5).

Tidur lebih awal

Tidur lebih awal menjaga tubuh lebih fit untuk bangun sahur. Jangan tergoda tidur larut lantaran menganggap mumpung masih bisa makan dan minum.

Jangan coba-coba tidur pukul 01.00, lalu sahur pukul 03.00, kemudian tidur lagi pukul 04.30. Rutinitas seperti itu hanya membuat tubuh lebih lelah. Anda disarankan tidur pukul 22.00.

Cerdas pakai alarm

Langsung bangun ketika alarm menyala. Jangan justru kembali tidur setelah alarm berbunyi. Apalagi dengan menekan tombol snooze berlarut-larut.

Hindari kafein

Jangan konsumsi minuman berkafein sebelum tidur pada malam hari. Hal itu akan membuat tubuh lelah karena lebih lama terjaga.

Olahraga rutin

Olahraga memang mengandung banyak manfaat. Salah satunya membuat tidur lebih cepat. Caranya bisa dengan berjalan kaki setelah atau sebelum berbuka. Jika dilakukan rutin maka energi akan terjaga.

Jangan makan banyak setelah berbuka

Gunakan pola makan seimbang, terutama yang rendah karbohidrat. Kembalikan tujuan Ramadhan selain ibadah ialah penurunan berat badan. Konsumsi makanan bergizi dan penuh protein saat sahur sebagai suplai energi.

Sahur bersama

Gunakan sahur sebagai momen kebersamaan keluarga. Makan bersama sambil berbincang akan mengeratkan hubungan anggota keluarga.

Makan yang Anda sukai

Sebelum tidur, bayangkan sesuatu yang ingin dimakan saat sahur. Hal ini dianggap membantu bangun sahur. 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X